Minggu 19 Mei 2019, 11:21 WIB

10 Ribu Umat Budha Rayakan Waisak di Wihara Ekayana Arama

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
10 Ribu Umat Budha Rayakan Waisak di Wihara Ekayana Arama

MI/Ferdian Ananda Majni
10 ribu pemeluk Buddha merayakan Hari Raya Waisak 2563 BE/2019 dengan beribadah ke Wihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat

 

SEBANYAK 10 ribu pemeluk Budha merayakan Hari Raya Waisak 2563 BE/2019 dengan beribadah ke wihara Wihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat.

Sejak pukul 07.00 WIB, umat Budha berbondong-bondong mendatangi lokasi perayaan Waisak dengan tema Mencintai Tanah Air Indonesia, Dalam Kasih Budha Kita Semua Bersaudara Wujudkan Masyarakat Sejahtera.

Dengan khimat dan penuh suka cita, umat Budha mengikuti kebajikan melalui ritual Pindapata atau memberikan persembahan kepada para biksu. Kemudian mereka melakukan puja bakti Waisak dengan melafalkan dan mengulang tekad untuk hidup bermoral, mendengarkan pesan Waisak dan melupakan jasa kebajikan yang telah dilakukan untuk bangsa dan negara Indonesia serta untuk kebahagiaan semua mahluk.

Ketua panitia perayaan Waisak di Wihara Ekayana Arama Ferry S Djongiarto mengatakan selama sebulan lebih sejak 13 April, Umat Budha telah melalui berbagai rangkaian kegiatan yang diadakan.

"Mereka (umat) mempersiapkan batin dalam menyambut hari Waisak," kata Ferry di Wihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat, Minggu (19/5)

Dia menjelaskan, umat Budha sadar merayakan Waisak bukan sekadar merenungkan kembali tiga peristiwa dalam kehidupan umat, yakni kelahiran, penerangan sempurna dan kemangkatan Budha.

"Akan tetapi umat Budha juga menjadi sadar agar dapat benar-benar mengikuti jejak Budha dan berusaha mengamalkan ajaranNya," terangnya.

Baca juga: Ratusan Umat Budha Pawai Waisak di Candi Sewu

Dia menambahkan, Budha mengajarkan kepada semua untuk menjaga pikiran, ucapan dan tindakan penuh cinta kasih serta welas asih kepada sesama makhluk.

"Dari beragam suku, agama, ras dan tradisi harus dapat merajut tali persaudaraan seeta menjaga perdamaian," lanjutnya.

Perayaan Waisak ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Waisak yang telah diselenggarakan kurang lebih sebulan terakhir di Wihara Ekayana Arama yang ditutup dengan kegiatan Waisak anak dan Pradaksina pada 26 Mei 2019.

"Semoga seluruh rangkaian kegiatan di bulan waisak ini dapat bermanfaat dan mendukung pelatihan diri bagi seluruh umat Budha dan bermanfaat bagi semua mahluk," pungkasnya.

Dari pantauan Media Indonesia, rangakaian kegiatan di perayaan Waisak berlangsung khidmat dan lancar. Bahkan ribuan umat Buddha yang hadir sangat antusias sampai kegiatan ramah tamah dan kesenian Waisak berakhir nantinya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More