Minggu 19 Mei 2019, 02:35 WIB

Google Bakal Tambah Fitur Baru untuk Live Transcribe

Ellavie Ichlasa Amalia | Teknologi
Google Bakal Tambah Fitur Baru untuk Live Transcribe

ALAIN JOCARD / AFP
Ilustrasi

GOOGLE menambahkan fitur ke aplikasi Live Transcripe, aplikasi yang akan berfungsi membuat transkrip dari percakapan.
 
Sekarang, selain menuliskan kata-kata yang seseorang ucapkan, aplikasi ini juga bisa membantu penggunanya sadar akan keadaan sekitarnya.
 
Misalnya, ketika ada seekor anjing yang menggunggong atau ketika penonton bertepuk tangan. Dengan begitu, orang yang mengalami masalah dengan pendengaran akan bisa sadar akan keadaan sekelilingnya.

Selain itu, Anda juga bisa menyalin dan menyimpan transkrip di ponsel hingga tiga hari, lapor Engadget.
 
Ini akan sangat berguna ketika Anda mengobrol dengan lebih dari satu orang atau jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk mencatat omongan dosen atau guru Anda di kelas. Ini juga memungkinkan Anda menyimpan percakapan secara permanen di aplikasi lain.
 
Fitur baru ini akan tersedia di Live Transcribe bulan depan. Saat ini, aplikasi itu telah digunakan di 1,8 miliar perangkat Android.
 
Google memanfaatkan teknologi machine learning dan speech recognition berbasis cloud untuk aplikasi ini. Dengan begitu, ponsel ANdroid kelas pemula sekalipun bisa menggunakan aplikasi ini.
 
Di bidang speech recognition dan machine learning, Google bersaing dengan Microsoft, yang berhasil membuat speech recognition engine dengan tingkat akurasi yang hampir sama seperti manusia. Sejak saat itu, Microsoft telah menyediakan fitur transkripsi dalam berbagai aplikasi dan layananya, termasuk Teams, Skype, dan Office.(medcomn/OL-9)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More