Minggu 19 Mei 2019, 01:20 WIB

Waspada Mudik Malam hari di Tol Trans Jawa

Ekawan Raharja | Otomotif
Waspada Mudik Malam hari di Tol Trans Jawa

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Kendaraan mengantre di pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat,

TAHUN ini dipastikan akan banyak pemudik yang menuju berbagai daerah di Jawa melalui Tol Trans Jawa. Bagi para pemudik yang hendak melakukan perjalanan malam tentu dipersiapkan juga sejumlah peralatan untuk mengantisipasi berbagai kondisi selama perjalanan.
 
Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, menyarankan untuk membawa beberapa perlengkapan yang dilengkapi dengan reflektor. Dia mencontohkan setiap mobil sebaiknya membawa segitiga tanda emergency dan rompi yang dilengkapi dengan reflektor.
 
"Karena keduanya sangat membantu ketika sedang terlihat. Penggunaan rompi dengan reflektor akan membuat orang terlihat dengan jelas ketika sedang kondisi darurat. Dulu mungkin ingat ada kejadian bapak-bapak sedang memperbaiki ban mobil, kemudian keserempet oleh mobil lain," jelas Rifat Sungkar Jumat Malam (18/5/2019) di Kawasan Menteng Jakarta.

Selain para pemudik, pereli Indonesia ini juga memberikan saran kepada para sopir bus atau truk memasang stiker scotlite di bagian belakang. Sehingga ini bisa menjadi tanda bahwa bagi pengguna jalan lainnya bahwa ada kendaraan besar sedang melintas.
 
"Seperti di luar negeri, kalau di bagian belakang di berikan scotlite persegi besar di belakang. Sehingga pengguna jalan lainnya tahu, meski dari jauh, ada kendaraan besar di depannya," jelas Rifat Sungkar.
 
Kemudian antisipasi lainnya yang harus dilakukan ketika mudik adalah memperhatikan kondisi bensin. Jangan sampai bensin habis di tengah perjalanan karena akan menimbulkan masalah yang cukup merepotkan ketika mudik.
 
"Kamu tidak akan pernah tahu konsumsi bahan bakar selama mudik, mana bisa dihitung kalau berhenti selama tiga jam."
 
Solusi dari Rifat untuk bensin adalah pastikan melakukan pengisian sesegera mungkin. "Keep it high meterannya supaya tenang selama perjalanan," tutup Rifat Sungkar.
 
Perlu dicermati juga bahwa jalur mudik Tol Trans Jawa di 2019 ini akan menggunakan rekayasa satu arah. Rekayasa satu arah bakal diberlakukan saat puncak arus mudik H-3, yakni tanggal 31 Mei-2 Juni 2019 di KM 25 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat. Sementara untuk arus balik rekayasa satu arah diberlakukan H+3 mulai tanggal 7 hingga 9 Juni 2019. di KM 189 Palimanan hingga KM 29 atau KM 25.(medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More