Sabtu 18 Mei 2019, 15:06 WIB

Bawaslu Sebut Kesalahan Input Situng tak Sebanyak Laporan BPN

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Bawaslu Sebut Kesalahan Input Situng tak Sebanyak Laporan BPN

MI/ROMMY PUJIANTO
Anggota Bawaslu Rahmat Bagja di Media Center KPU

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak menampik adanya temuan kesalahan input data pada sistem informasi penghitungan suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum RI.

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja menegaskan bahwa temuan kesalahan itu tidak sebanyak laporan yang diberikan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Pasca Pencoblosan, Bawaslu Terima 8 Ribu Pengaduan

Sebelumnya, BPN menyerahkan 73.715 bukti kesalahan input data pada Situng KPU. Namun, dalam prosesnya pihak pengawas pesta demokrasi hanya menemukan sekitar 7.300 kesalahan saja.

"Kalau di Situng itu tidak terlihat kesalahan sebanyak 73 ribu, seperti yang dilaporkan. Yang jelas hanya 7.300-an kesalahan input Situng," ujar Rahmat disela-sela diskusi Menanti 22 Mei, di Jakarta, Sabtu (18/5).

Ia menambahkan, realitas tersebut mayoritas disebabkan data C1 yang bermasalah dan bukan lantaran diapload secara tidak sah.

"Itu cacat penghitungan dan kemudian diperbaiki di tingkat kecamatan," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More