Sabtu 18 Mei 2019, 10:10 WIB

Seusai Dilantik, Bupati Cirebon Diberhentikan

Eriez Rizal | Nusantara
Seusai Dilantik, Bupati Cirebon Diberhentikan

Ist
Sunjaya Purwadisastra resmi dilantik sebagai Bupati Cirebon periode 2019-2024 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

 

SUNJAYA Purwadisastra dan Imron Rosyadi dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Bupati Cirebon dan Wakil Bupati Cirebon masa jabatan 2019-2024, kemarin.

Setelah dilantik, Sunjaya langsung diberhentikan sementa­ra dari jabatannya. Menanti sam­pai proses hukum yang dijalaninya selesai dan memiliki kekuatan hukum tetap.

Untuk melaksanakan tugas Bupati Cirebon, Imron pun ditunjuk melalui keputusan dari Kemendagri RI yang dibacakan Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut.

Sunjaya harus diberhentikan sementara dari jabatannya karena tersandung masalah hu­kum setelah dinyatakan me­­menangi Pilkada Serentak 2018. Sunjaya saat ini berstatus sebagai terdakwa dugaan gratifikasi oleh Komisi Pembe­rantasan Korupsi (KPK).

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengungkapkan ji­­ka acara pelantikan itu sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku di Re­­publik Indonesia. Karena itu, Emil juga berpesan kepada pelaksana tugas (Plt) Bupati Ci­­rebon, Imron Rosyadi, untuk bisa menjadi teladan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Menjadi pemimpin tidak mu­­dah karena pemimpin yang baik itu harus menjadi te­ladan, baik dari sikap, teladan dari lisan, teladan dari keluar­ganya, maupun dari keputusan-ke­putusannya,” ungkap Emil.

Karenanya, Emil juga men­doa­kan agar Plt Bupati Cirebon nantinya bisa selalu mengambil keputusan yang mengandung kemaslahatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Pak Imron saya ingatkan, keputusan itu akan menjadi wi­­­bawa seorang pemimpin. Ha­­ti-hati dengan bisikan yang menjerumuskan,” pesan Emil.

Kekuasaan, lanjut Emil, bukan tujuan akhir, melainkan merupa­kan niat beribadah dan mem­be­rikan kesejahteraan bagi rak­yat.

“Karena tantangan untuk membangun Cirebon ke depan sangat luar biasa,” ungkap Emil.

Emil menjelaskan bahwa dia baru melakukan rapat dengan Menko Perekonomian dan me­­­­nyetujui kawasan Cirebon-Kertajati-Patimban (Rebana) se­bagai zona pertumbuhan eko­­nomi baru di Jawa Barat. Bahkan, dalam 10 tahun ke depan, bisa membuka hingga 5 juta lapangan pekerjaan.

Sementara itu, kepada Sunjaya Purwadisastra, Emil juga men­­doa­­kan agar tabah dan sa­­­bar menghadapi cobaan yang tengah dihadapinya. (UL/EM/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More