Sabtu 18 Mei 2019, 04:40 WIB

Cacar Monyet Terbatas dari Hewan

(Dhk/H-1) | Humaniora
 Cacar Monyet Terbatas dari Hewan

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas memantau suhu badan penumpang yang melewati alat pemindai suhu tubuh

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) kembali mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap waspada mengantisipasi penyakit monkeypox atau cacar monyet yang baru-baru ini ditemukan di Singapura.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono, kemarin, mengatakan, Indonesia sudah siap mencegah masuknya virus tersebut. Semua pintu masuk ke Indonesia saat ini sudah disiagakan untuk melakukan pengecekan.

“Belum pernah ditemukan mekanisme penularan cacar monyet secara human to human. Yang terjadi penularannya ialah dari hewan ke manusia, seperti kasus warga Nigeria kemudian pergi di Singapura dan ditemukan ia mengidap penyakit tersebut,” ujarnya.

Inang utama virus cacar monyet ialah hewan yang hidup di Afrika. Sebagian besar kasus cacar monyet selama ini kerap ditemukan, antara lain di Nigeria, Kongo, dan Pantai Gading. Anung menegaskan, di Indonesia belum pernah ditemukan adanya inang monkeypox. (Dhk/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More