Chacha Frederica Hijrah Sempurna

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Sabtu, 18 Mei 2019, 02:20 WIB Hiburan
Chacha Frederica Hijrah Sempurna

DOK. INSTAGRAM/CHAFREDERICA
Chacha Frederica

AKTRIS Chacha Frederica, 29, mantap berhijab sejak 2018. Ia mengungkapkan, setelah memutuskan berhijab, ia berkomitmen untuk terus berhijrah, meninggalkan segala sesuatu yang buruk menuju keadaan yang lebih baik.

Menurut Chacha, hijrah merupakan sebuah proses. Setiap orang yang melaluinya punya cerita masing-masing. Karena itu, seseorang sebaiknya tidak 'menuduh' hijrah orang lain lebih buruk atau lebih baik.

"Misalnya, men-judge kalau orang yang lebih sering kumpul dengan ini berarti hijrahnya lebih sempurna, atau sering datang kajian berarti hijrahnya lebih baik. Hijrah itu proses yang panjang sampai menghembuskan nafas terakhir," tutur Chacha, di sela-sela acara peluncuran sampo dan kondisioner Rejoice Hijab Perfection Series di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Selasa (15/5).

Ia pun mengisahkan masa-masa awal ia memutuskan mengenakan hijab sebagai bagian dari caranya berhijrah. Waktu itu, dia memutuskan berhijab setelah berkunjung ke Palestina dan Madinah.

"Pertama kali di Palestina, selesai salat aku gemetar. Aku salat subuh tidak diizinkan ke masjid, enggak aman karena perempuan. Jadi magrib aku minta salat di masjid. Setelah selesai salat, kita baru berdiri sebentar saja lampu langsung mati. Dampak perang sampai sebegitunya ya. Setiap kali mau salat dijaga sama tentara. Saya dipesan jangan sampai eye contact dengan mereka," tutur perempuan kelahiran Jakarta, 8 November 1989 itu.

Dari pengalaman tersebut, ia merasa bersyukur hidup di Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim, bisa beribadah dan masuk masjid kapan pun tanpa ketakutan. Dari situ, Chacha kemudian memutuskan berhijab.
Dia mengakui, di masa-masa awal, ada sejumlah kendala. "Antara lain  kontrak kerja.

Tapi, aku berpikiran, sama manusia aku bisa profesional, tapi sama Allah kok enggak bisa. Jadi, akhirnya aku jalanin kerja sesuai kontrak, tapi aku berhijab," tutur aktris yang sudah membintangi puluhan judul sinetron itu.
Chacha saat ini aktif mengajak agar lebih banyak orang tergerak untuk berhijrah. Ia bersama rekannya membuat Hijrah Squad untuk berdakwah.

Masalah rambut
Saat menyinggung soal hijab dan kesehatan rambut, Chacha mengungkapkan pemakaian hijab memang bisa menimbulkan masalah pada rambut. Seperti, berminyak di ujung rambut. Atau aroma rambut kurang enak karena kepala tertutup kerudung dalam waktu lama.

Tapi, menurutnya, itu semua bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat serta merawat dan menjaga kebersihan rambut menggunakan produk yang tepat. Ia sendiri rutin mencuci rambutnya dua hari sekali. Untuk urusan sampo, Chacha memilih yang formulasinya khusus untuk rambut berhijab.

"Keramas itu penting untuk menjaga kebersihan rambut. Aku pakai sampo yang wanginya long lasting, tidak mengundang syahwat laki-laki, tapi tetap harus nyaman untuk diri kita," tutur Chacha.

Meski berhijab, Chacha mengaku sering menata rambutnya. Tetapi, hanya saat dirinya di rumah. "Aku masih suka blow rambut. Kan aku punya suami," candanya. (H-2).

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More