Jumat 17 Mei 2019, 17:20 WIB

Mahfud Ingatkan Para Tokoh Pentingnya Rekonsiliasi

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Mahfud Ingatkan Para Tokoh Pentingnya Rekonsiliasi

MI/ Ardi
Mahfud MD

 

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD menyambangi kediaman Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/7). Mahfud mengatakan pertemuan dilakukan guna mengingatkan kembali persatuan antarwarganegara.

Ditemui usai pertemuan, Mahfud menjelaskan, kunjungan ke rumah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga dilakukan mengingat proses pemilu yang sudah mendekati puncak. Oleh karena itu diperlukan proses rekonsiliasi guna menjaga kerukunan bangsa.

“Tadi, kami dan Bu Mega sangat optimis bahwa semua pihak punya bekal kejiwaan dan semangat untuk kita tetap bersatu,” kata Mahfud.

Menurut mantan hakim Mahkamah Konstitusi ini, agenda ketatanegaraan harus terus berjalan. Karena itu, menurutnya, harus ada presiden yang terpilih dan ditetapkan. "Ini kan masih saling tuding, oleh sebab itu rekonsiliasi artinya bisa bagi-bagi peran politik secara baiklah, itu saja," ujarnya.

Menurutnya, semua pihak haru bisa terlibat dalam proses rekonsiliasi. “Semua harus pada kesadaran sama untuk rekonsiliasi, tidak usah dikotak-kotak, mari kita semuanya yang punya kesadaran mendorong ke arah rekonsiliasi,” jelasnya.

Mahfud yang ditemani Frans Magnis Suseno, Alissa Wahid, Romo Benny Sutrisno, Amin Abdullah, Erry Riyana Hardjapamekas, dan Al Hilal Hamdi mengatakan, Megawati bukanlah pimpinan RI pertama yang dikunjungi Gerakan Suluh Kebangsaan. Sebelumnya, dia mengaku telah menemui Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden kedua RI BJ Habibie.

"Kita sudah berkeliling ke semua Presiden, SBY sudah, Habibie sudah, tokoh-tokoh ulama daerah sudah, sekarang ke Ibu Mega," kata Mahfud.

Pertemuan-pertemuan yang dilakukan dengan para negarawan tersebut, lanjut dia, dimaksudkan untuk memperkuat hubungan ke semua pihak dan melakukan rekonsiliasi usai pemilu. (A-3)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Protokol kesehatan akan diberlakukan di semua sektor aktivitas mulai dari pemerintahan, perekonomian hingga keseharian...
Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier

Soal Siti Fadilah, DitjenPas dan Rutan Pondok Bambu Disebut Lalai

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:04 WIB
"Tentunya, jika pihak Ditjen Pemasyarakatan mengikuti protokoler pendampingan berobat warga binaan secara ketat, wawancara ini tidak...
MI/Gino F Hadi

Remisi Gayus Tambunan Dinilai Langgar Aturan

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:30 WIB
Salah satu ketentuan penerima remisi harus menjadi justice collaborator...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya