Jumat 17 Mei 2019, 11:19 WIB

Kivlan Akui Jalani Pemeriksaan dengan Senang

M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Kivlan Akui Jalani Pemeriksaan dengan Senang

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Mayor Jenderal TNI Purn Kivlan Zen (kanan) berjalan meninggalkan Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Senin (13/5)

 

MANTAN Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen (Purn) Kivlan Zen merasa bahagia saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi dugaan makar yang menimpa politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana.

"Semua enak. Dari pihak Polri penyidik ramah tamah dan kita menjawabnya senang dan tenang. Nggak ada apa-apa, enak gitu lah. Jadi saya terima kasih sama penyidik, ditanya dengan gembira, nggak ada apa-apa," kata Kivlan Zen saat selesai pemeriksaan di Polda Metro Jaya (PMJ), Jumat (17/5).

Kivlan Zen mendapatkan 51 pertanyaan dari penyidik yang membahas mengenai ujaran dan dugaan makar Eggi Sudjana. Setelah pemeriksaan, Kivlan menyerahkan apapun hasilnya kepada penyidik.

"Saya hanya tinggal menunggu keputusan penyidik. Saya akan terima apa adanya, saya juga menyerukan kepada yang berpikirnya sama dengan saya untuk sesuaikan diri dengan Undang-Undang, sesuai dengan keputusan yang berlaku," ujar Kivlan.

Ia menyerukan apabila ada yang merasa tidak puas dengan hasil pemilu dan menemukan kecurangan, lebih baik mengikuti prosesnya sesuai Undang-undang yaitu melaporkannya kepada Bawaslu,

Baca juga: Diperiksa untuk Eggi Sudjana, Kivlan Dicecar 51 Pertanyaan

Kivlan Zen diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya selama 14 jam, ia datang ke Direktorat Reserse Kriminal Umum PMJ pada hari kamis (16/5) pukul 11.00 WIB dan keluar hari Jumat (17/5) pukul 01.00 WIB.

Kivlan berharap semua tenang. Siapapun pemenangnya harus kita serahkan sesuai prosesnya.

"Jadi saya. Saya sebagai rakyat, bukan orang siapa-siapa, saya hanya memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Setelah itu saya serahkan proses hukum yang berlaku dan berlanjut.harapkan masalah hukum sesuai dengan yang berjenjang dan berlanjut," terang Kivlan Zen.

Sebelumnya, Eggi Sudjana telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan makar pada Selasa (7/5) pekam lalu. Kepolisian menetapkan tersangka kepada Eggi Sudjana setelah video dirinya yang menyuarakan people power viral dan bukti pemberitaan di media sosial.

Kivlan Zen sendiri memiliki kasus yang sama dengan Eggi Sudjana yaitu mengenai makar. Kivlan dilaporkan atas tuduhan makar dan penyebaran berita bohong oleh Jalaludin. Pelaporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/B/0442/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019.

Saat ini, Eggi Sudjana disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.(OL-5)

Baca Juga

DOK DPR RI

Semangat Para Petani Harus Tetap Terjaga

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 08:00 WIB
Hero mengimbau BUMN berperan serta membantu mewujudkan kedaulatan pangan yang mandiri, sehingga ke depan harga bahan pangan dalam negeri...
MI/ Adam Dwi

Wapres: Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 20:11 WIB
Dalam khotbahnya, ungkap Masduki, Wapres Ma'ruf menyingung perayaan lebaran tahun ini berada dalam kondisi keprihatinan karena pandemi...
MI/ Adam Dwi

Wapres: Hadapi Pandemi Korona dengan Optimistis

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:58 WIB
“Tidak boleh ada pesimisme. Tidak boleh putus asa. Dalam agama tidak boleh berputus asa harus terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya