Jumat 17 Mei 2019, 09:18 WIB

Nyapres, Wali Kota New York Bertekad Tumbangkan Trump

Basuki Eka Purnama | Internasional
Nyapres, Wali Kota New York Bertekad Tumbangkan Trump

AFP/Stephanie Keith/Getty Images
Wali Kota New York Bill de Blasio

 

WALI Kota New York Bill de Blasio, Kamis (16/5), mengumumkan pencalonan dirinya menjadi presiden Amerika Serikat (AS) meski rencananya itu dikritik media massa dan polling terhadap warga 'Big Apple' hasilnya mengecewakan.

Menjadi calon presiden ke-23 dari Partai Demokrat untuk melawan Trump, De Blasio langsung melancarkan serangan terbuka terhadap presiden dari Partai Republik itu dengan menjulukinya sebagai 'Con Don' (Don si tukang tipu) terkait pengakuannya membela kaum pekerja AS.

"Donald Trump harus dihentikan," ungkap De Blasio dalam video pengumuman pencalonan dirinya. "Saya tahu bagimana cara mengalahkannya."

De Blasio semakin keras menyerang Trump saat menggelar konferensi pers.

"Trump adalah seorang penipu. Kami, warga New York mengetahui penipu ketika melihatnya," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Gerebek Keuskupan Terkait Skandal Seks

De Blasio menambahkan bahwa kampanyenya akan berpihak bagi para pekerja AS.

Trump menganggapi pengumuman De Blasio itu dengan mencicitkan sebuah video yang tampaknya direkam di dalam Air Force One.

"Saya berharap yang terbaik untuknya. Namun, akan lebih baik jika Anda kembali ke New York City dan melakukan tugas di sisa masa bakti Anda," cicit Trump.

De Blasio telah menjajaki kemungkinan mencalonkan diri selama beberapa bulan terakhir dengan melakukan perjalanan ke sejumlah negara bagian penting seperti Iowa dan South Carolina.

Namun, upayanya kurang memuaskan dengan jajak pendapatan menempatkan mantan wakil presiden Joe Biden sebagai kandidat terfavorit disusul Senator Bernie Sanders.

Bahkan, jajak pendapat terbaru menunjukkan 76% warga New York menegaskan tidak mendukung pencalonan diri De Blasio.

Adapun surat kabar New York menyebut De Blasio minim karisma dan pada Kamis (16/5), New York Post di halaman depan mereka menampilkan rangkaian foto orang tertawa di bawah judul berita utama, "De Blasio Mencalonkan Diri Sebagai Presiden". (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More