Kamis 16 Mei 2019, 22:00 WIB

Mendag Dorong Pelaku Usaha Proaktif

(RO/E-2) | Ekonomi
Mendag Dorong Pelaku Usaha Proaktif

MI/Susanto
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

 

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita mengimbau para pelaku usaha agar memanfaatkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Cile (IC-CEPA) untuk mendorong peningkatan perdagangan kedua negara.

Imbauan itu disampaikannya saat mengunjungi dua importir Cile yang mengawali agenda kunjungan kerja di Santiago, Cile, Rabu (15/5) waktu setempat.

"IC-CEPA akan segera berlaku. Dengan IC-CEPA, importir Cile akan mendapat kemudahan serta tarif yang lebih murah, bahkan nol persen. Begitu pula dengan perusahaan eksportir Indonesia. Untuk itu, diharapkan IC-CEPA dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin," jelas Mendag dalam kunjungan itu.

Dua perusahaan importir yang dikunjungi Mendag ialah Area Design yang bergerak di sektor furnitur dan Extractos Naturales Gelymar SA yang bergerak di bidang pengolahan rumput laut. Dalam kunjungannya, Mendag diterima Manajer Umum sekaligus pemilik Area Design Aurelio Torre Roca dan Manajer Umum Gelymar Andres Hohlberg.

Area Design merupakan salah satu importir furnitur yang sekitar 60% dari produk-produknya diimpor dari Indonesia. Kelebihan produk Indonesia, menurut Area Design, ialah kualitasnya yang baik, pelayanan yang mudah dari pemerintah dan pelaku usaha, serta desainnya yang fleksibel dan bisa mengikuti permintaan konsumen.

Sebagai masukan, Area Design menyampaikan bahwa sumber informasi untuk mendapatkan produsen produk-produk furnitur Indonesia masih sangat terbatas. Baru sebagian produsen saja yang diketahuinya.

Enggartiasto pun menjanjikan hal itu akan menjadi bagian dari evaluasi. Diakui Mendag, selama ini pemasaran industri furnitur masih lebih banyak bergantung pada pameran. "Untuk menggarap pasar furnitur di Cile, kita harus lebih proaktif." (RO/E-2)

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

Laporan Keuangan BI Tahun 2019 Raih Opini WTP dari BPK

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:00 WIB
Opini WTP itu diketahui telah dicapai selama 17 tahun terakhir secara...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bursa Bergairah Sambut New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:20 WIB
Perlu ada redesain perekonomian Indonesia pasca-pandemi covid-19 ini berlalu dengan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan,...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Cegah Rugi, Harga BBM tidak Diturunkan

👤Ant/E-3 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:05 WIB
PT Pertamina memiliki sejumlah alasan tidak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) di saat harga minyak dunia mengalami penurunan serta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya