Mendag Dorong Pelaku Usaha Proaktif

Penulis: (RO/E-2) Pada: Kamis, 16 Mei 2019, 22:00 WIB Ekonomi
Mendag Dorong Pelaku Usaha Proaktif

MI/Susanto
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita mengimbau para pelaku usaha agar memanfaatkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Cile (IC-CEPA) untuk mendorong peningkatan perdagangan kedua negara.

Imbauan itu disampaikannya saat mengunjungi dua importir Cile yang mengawali agenda kunjungan kerja di Santiago, Cile, Rabu (15/5) waktu setempat.

"IC-CEPA akan segera berlaku. Dengan IC-CEPA, importir Cile akan mendapat kemudahan serta tarif yang lebih murah, bahkan nol persen. Begitu pula dengan perusahaan eksportir Indonesia. Untuk itu, diharapkan IC-CEPA dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin," jelas Mendag dalam kunjungan itu.

Dua perusahaan importir yang dikunjungi Mendag ialah Area Design yang bergerak di sektor furnitur dan Extractos Naturales Gelymar SA yang bergerak di bidang pengolahan rumput laut. Dalam kunjungannya, Mendag diterima Manajer Umum sekaligus pemilik Area Design Aurelio Torre Roca dan Manajer Umum Gelymar Andres Hohlberg.

Area Design merupakan salah satu importir furnitur yang sekitar 60% dari produk-produknya diimpor dari Indonesia. Kelebihan produk Indonesia, menurut Area Design, ialah kualitasnya yang baik, pelayanan yang mudah dari pemerintah dan pelaku usaha, serta desainnya yang fleksibel dan bisa mengikuti permintaan konsumen.

Sebagai masukan, Area Design menyampaikan bahwa sumber informasi untuk mendapatkan produsen produk-produk furnitur Indonesia masih sangat terbatas. Baru sebagian produsen saja yang diketahuinya.

Enggartiasto pun menjanjikan hal itu akan menjadi bagian dari evaluasi. Diakui Mendag, selama ini pemasaran industri furnitur masih lebih banyak bergantung pada pameran. "Untuk menggarap pasar furnitur di Cile, kita harus lebih proaktif." (RO/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More