Jokowi Berencana Terbitkan Perpres Wajib Berzakat bagi ASN

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Kamis, 16 Mei 2019, 17:45 WIB Humaniora
Jokowi Berencana Terbitkan Perpres Wajib Berzakat bagi ASN

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo menerima bukti peneyerahan zakat dari petugas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berencana membuat payung hukum guna mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) menunaikan zakat kepada Badan Zakat Nasional (Baznas). Payung hukum itu berupa peraturan presiden.

Hal itu disampaikan Presiden kala membayar zakat kepada Baznas di Istana Negara, Kamis (16/5). Turut hadir Ketua Baznas Bambang Soedibyo, Menteri Agama Lukman Syaifuddin, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja serta pimpinan lembaga negara.

Baca juga: Shinta Nuriyah Minta Masyarakat tak Tebar Kebencian

"Usul dari Ketua (Baznas) nanti pak menteri agama, apakah sudah waktunya untuk dibuatkan perpres bagi ASN (membayar zakat)? Kalau dianggap sudah perlu, ya didorong ke meja saya," ujar Presiden saat memberikan sambutan.

Menurut Jokowi, potensi zakat nasional mencapai Rp232 triliun, tetapi yang tergarap baru Rp8,1 triliun. Padahal, dana yang terhimpun dari zakat bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi umat.

Namun, ia tetap optimistis dengan pertumbuhan pembayaran zakat yang meningkat 26,64%.

Jokowi berharap ke depan pengumpulan dan penyaluran zakat bisa terintegrasi digital. "Sehingga penyalurannya pun bisa berjalan efektif dan efisien," kata Jokowi.

Sementara, Bambang mengatakan, sangat penting bagi pemerintah meningkatkan penerimaan zakat nasional. Menurutnya, Menteri Lukman sudah mengajukan permohonan penyusunan Perpres kewajiban membayar zakat bagi ASN.

Lewat Perpres itu, jelas Bambang, maka pembayaran zakat tidak lagi bersifat opsional seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Baca juga: Bakal Ada Tersangka Baru Kasus Korupsi Proyek Jalan di Bengkalis

"Menteri Agama sudah menulis surat kepada Presiden tentang permohonan inisiatif penyusunan peraturan presiden tentang zakat aparatur negara," ujarnya.

Ia menambahkan, keteladanan dari para pemimpin muslim dalam menunaikan zakat, sangat penting. Bambang optimistis keteladanan yang diberikan Presiden Jokowi bisa ditiru masyarakat. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More