Kamis 16 Mei 2019, 17:15 WIB

Warganet Banyak Searching Alquran

Galih Agus Saputra | Weekend
Warganet Banyak Searching Alquran

Dok.MI
Baca Alquran daring

Banyak cara dalam beribadah selama Ramadan, termasuk membaca Alquran melalui aplikasi. Ternyata perilaku itu mengalami peningkatan berdasarkan data tren konsumen Indonesia yang diluncurkan Google.  Selama Ramadan 2019 warga net banyak melakukan pencarian konten religi dibandingkan 2018.

Ramadan ini, kata Insight Specialist Google Indonesia, Ariani Dwijayanti, pengguna internet di Indonesia biasanya memang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya ketimbang bulan lainnya.

"Waktu menonton 100 kanal Youtube teratas pun naik sebanyak 40% selama bulan Ramadan," imbuhnya, dalam konferensi pers yang berlangsung di Restoran Turkuaz, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (15/5).

Konten religi yang dimaksud terdiri dari 'doa', 'ceramah', dan 'zakat'. Apabila dibandingkan dengan bulan biasa, secara spesifik pencarian konten 'doa' dan 'ceramah' naik 2 kali lipat, sementara untuk konten 'zakat' naik sebanyak 16 kali lipat. Namun demikian, apabila dicermati lebih lanjut menggunakan mesin analisis perilaku konsumen, Google Trends, warganet di Indonesia tampaknya lebih suka dengan 'Alquran'.

Minat warganet terhadap 'Alquran' lebih besar ketimbang terhadap 'Doa Islam', 'Ceramah Agama Islam', maupun 'Zakat'. Pada awal bulan puasa yang jatuh pada 6 Mei misalnya, dapat diketahui 'Alquran' memiliki indeks pencarian tertinggi dalam standar indeks pencarian Google Trends yaitu 100. Setelahnya, ada 'Zakat' yang memiliki indeks pencarian sebanyak 21, dan 'Doa Islam' sebanyak 5, serta 'Ceramah Agama Islam' dengan indeks pencarian sebanyak 1.

Di samping itu, belakangan warganet lebih banyak mengakses Youtube untuk kanal berkonten Aktivitas Religius. Adapun 'Aktivitas Religius' yang dimaksud terdiri dari 'Lagu Religi', 'Pembacaan Alquran', serta 'Pengajaran Agama Islam (Islamic Teaching)'.

"Beberapa nama-nama kanal teratas untuk itu ada seperti Sabyan Gambus, Maher Zain, Muzammil Hasballah, Anmar TV, Ceramah Pendek, dan Lampu Islam," terang Ariani. (M-3)

Baca juga : Tren Pencarian Google, Pakaian dan Wisata Naik di Ramadan

 

Baca Juga

MI/Tosiani

Resep Makanan ini Paling Banyak Dicari di Google Selama Pandemi

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 14:30 WIB
Jika Anda mencari roti pisang tanpa produk hewani, cobalah versi The Simple Veganista, yang menggunakan pilihan tambahan lezat seperti...
AFP/Drew Angerer

6 Juli 2020, Sebagian Karyawan Google Kembali Ngantor

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:44 WIB
Perusahaan ini akan menerapkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang ketat untuk memastikan pedoman sosialisasi dan sanitasi jarak...
NASA/BILL INGALLS

Akhir Pekan ini, NASA dan SpaceX Bersiap Ukir Sejarah

👤Bagus Pradana 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:15 WIB
Peluncuran dijadwalkan pada Sabtu atau Minggu ini, tergantung kondisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya