Warganet Banyak Searching Alquran

Penulis: Galih Agus Saputra Pada: Kamis, 16 Mei 2019, 17:15 WIB Weekend
Warganet Banyak Searching Alquran

Dok.MI
Baca Alquran daring

Banyak cara dalam beribadah selama Ramadan, termasuk membaca Alquran melalui aplikasi. Ternyata perilaku itu mengalami peningkatan berdasarkan data tren konsumen Indonesia yang diluncurkan Google.  Selama Ramadan 2019 warga net banyak melakukan pencarian konten religi dibandingkan 2018.

Ramadan ini, kata Insight Specialist Google Indonesia, Ariani Dwijayanti, pengguna internet di Indonesia biasanya memang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya ketimbang bulan lainnya.

"Waktu menonton 100 kanal Youtube teratas pun naik sebanyak 40% selama bulan Ramadan," imbuhnya, dalam konferensi pers yang berlangsung di Restoran Turkuaz, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (15/5).

Konten religi yang dimaksud terdiri dari 'doa', 'ceramah', dan 'zakat'. Apabila dibandingkan dengan bulan biasa, secara spesifik pencarian konten 'doa' dan 'ceramah' naik 2 kali lipat, sementara untuk konten 'zakat' naik sebanyak 16 kali lipat. Namun demikian, apabila dicermati lebih lanjut menggunakan mesin analisis perilaku konsumen, Google Trends, warganet di Indonesia tampaknya lebih suka dengan 'Alquran'.

Minat warganet terhadap 'Alquran' lebih besar ketimbang terhadap 'Doa Islam', 'Ceramah Agama Islam', maupun 'Zakat'. Pada awal bulan puasa yang jatuh pada 6 Mei misalnya, dapat diketahui 'Alquran' memiliki indeks pencarian tertinggi dalam standar indeks pencarian Google Trends yaitu 100. Setelahnya, ada 'Zakat' yang memiliki indeks pencarian sebanyak 21, dan 'Doa Islam' sebanyak 5, serta 'Ceramah Agama Islam' dengan indeks pencarian sebanyak 1.

Di samping itu, belakangan warganet lebih banyak mengakses Youtube untuk kanal berkonten Aktivitas Religius. Adapun 'Aktivitas Religius' yang dimaksud terdiri dari 'Lagu Religi', 'Pembacaan Alquran', serta 'Pengajaran Agama Islam (Islamic Teaching)'.

"Beberapa nama-nama kanal teratas untuk itu ada seperti Sabyan Gambus, Maher Zain, Muzammil Hasballah, Anmar TV, Ceramah Pendek, dan Lampu Islam," terang Ariani. (M-3)

Baca juga : Tren Pencarian Google, Pakaian dan Wisata Naik di Ramadan

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More