Kamis 16 Mei 2019, 12:50 WIB

Waspadai 14 Titik Rawan Macet Saat Mudik di Jawa Tengah

Akhmad Safuan | Nusantara
Waspadai 14 Titik Rawan Macet Saat Mudik di Jawa Tengah

Antara
Pasar tumpah di Brebes, Jawa Tengah menjadi salah satu diwaspadai saat arus mudik tahun ini.

 

ADA 14 titik rawan di sepanjang jalur mudik di Jawa Tengah karena adanya pasar tumpah, kepadatan lalu lintas, dan pintu keluar tol. Dinas Perhubungan Jawa Tengah akan melakukan penambahan papan petunjuk dan penerangan jalan, untuk kelancaran mudik Lebaran.

Polda Jawa Tengah akan melakukan rekayasa lalu lintas, seperti pemberlakukan contra flow hingga pengalihan arus kendaraan pemudik di tiga jalur yang telah ada, yakni Tol Trans Jawa, jalan nasional, dan jalan alternatif di beberapa daerah.

"Kita akan tambah papan penunjuk jalan, rambu dan lampu penerangan untuk kelancaran arus mudik lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satrio Hidayat, Kamis (16/5).

Berdasarkan hasil pemetaan, lanjut Satrio Hidayat, di Exit Tol Brebes, Krapyak dam Kaligawe (Semarang), Bawen (Kabupaten Semarang), diperkirakan mengalami kepadatan cukup tinggi. Penyebabnya di pintu keluar tol, kendaraan akan menuju beberapa daerah seperti Kota Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Kudus dan Purwokerto.

Untuk mengurangi penumpukan di exit tol Bawen yang hanya berjarak 200 meter dengan terminal Bawen, dilakukan pengalihan arus. Contohnya kendaraan ke arah Yogyakarta dapat dialihkan keluar tol Weleri-Parakan-Temanggung-Magelang dan terakhir Yogyakarta.

"Dari jalur itu tersedia jalan selebar 7 meter dan penerangan 30%," kata Satrio.

Sedangkan pasar tumpah terjadi di Brebes, Kota Tegal, Wiradesa, dan Pekalongan. Jika tahun lalu kemacetan kendaraan mencapai 10 km, maka diharapkan tahun ini tidak terjadi lagi.

baca juga: Polres Purwakarta Petakan Jalur Rawan Kecelakaan

"Jalan tol telah siap menampung kendaraan untuk mengurangi kepadatan di jalur pantura," kata Satrio.

Adapun kondisi penerangan jalan saat ini, dari 9.800 lampu penerangan jalan yang dibutuhkan, baru tersedia 4.800 lampu.

"Kita usahakan ada penambahan lagi termasuk pemasangan pembatas dan scotlite. Juga papan penunjuk jalan ke jalur akternatif baru," imbuhnya. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More