Indonesia-Argentina Capai Kesepakatan

Penulis: Pra/E-2 Pada: Kamis, 16 Mei 2019, 07:40 WIB Ekonomi
Indonesia-Argentina Capai Kesepakatan

DOK KEMENDAG
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Si

INDONESIA dan Argentina sepakat meningkatkan transaksi perdagangan hingga dua kali lipat pada 2021 mendatang.

Dalam pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Sica di Buenos Aires, Argentina, Selasa (14/5) waktu setempat, nilai perdagangaan kedua negara yang pada 2018 lalu tercatat sebesar US$1,7 miliar akan dinaikkan dua kali lipat.

Artinya, pada 2021 diharapkan nilai perdagangan kedua negara mencapai US$3,4 miliar. Tentunya dengan neraca yang seimbang di antara kedua negara.

"Indonesia dan Argentina sependapat bahwa dengan potensi kedua negara yang begitu besar, nilai perdagangan yang terealisasi saat ini masih terlalu rendah. Untuk itu, kedua negara sepakat meningkatkan perdagangan hingga dua kali lipat dalam dua tahun ke depan," ujar Enggartiasto Lukita melalui keterangan resminya, kemarin.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri sama-sama sepakat masih belum tergarapnya secara maksimal potensi yang dimiliki kedua negara, baik potensi Indonesia sebagai hub pasar regional di ASEAN maupun Argentina sebagai pintu masuk ke pasar Amerika Latin.

"Penguatan kerja sama perdagangan dan investasi dengan Argentina dan Mercosur (blok perdagangan di Amerika Selatan) penting artinya di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global tahun ini yang diperkirakan berlanjut hingga tahun depan," ujar Enggar.

Untuk mencapai target itu, kedua negara akan membentuk tim kerja gabungan yang akan bertugas sesegera mungkin guna mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan perdagangan secara lebih seimbang.

Sejauh ini, industri yang dianggap memiliki potensi besar untuk digarap bersama kedua negara ialah kereta api, pesawat terbang, dan infrastruktur.

Di kesempatan itu, Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Sica menyambut baik tercapainya kerja sama bila-teral kedua negara tersebut.

"Argentina dan Indonesia berada dalam kerangka kerja yang sama. Tim kerja bisa segera memulai untuk mengecek potensi produk-produk perdagangan yang bisa ditingkatkan untuk mencapai target perdagangan tersebut," tuturnya. (Pra/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More