Kamis 16 Mei 2019, 06:03 WIB

Ajax Juara Eredivisie

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Ajax Juara Eredivisie

AFP/Olaf Kraak / ANP
Para pemain Ajax merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Eredivisie

 

AJAX menjadi juara Eredivisie untuk ke-34 kalinya sepanjang sejarah, Kamis (16/5) dini hari WIB, setelah meraih kemenangan 4-1 di markas De Graafschap.

Hasil itu membuat Ajax memenangkan dua gelar domestik dan mengobati kekecewaan mereka setelah gagal lolos ke final Liga Champions.

Gol yang dicetak Lasse Schoene, Nicolas Tagliafico, dan Dusan Tadic--mencetak dua gol di babak kedua--memastikan tim besutan Erik ten Hag membukukan kemenangan beruntun ke delapan mereka di laga Eredivisie dan dipastikan menjadi juara.

Ajax memainkan laga pamungkas musim dengan keunggulan tiga poin dari rival terdekat mereka PSV Eindhoven dan keunggulan selisih gol 14 setelah mereka mengalahkan Utrecht 4-1 sementara PSV menyerah di markas AZ Alkmaar, Minggu (12/5) lalu.

Baca juga: De Ligt Selangkah Lagi ke Barcelona

Hasil itu membuat Ajax hampir pasti meraih gelar ganda pertama mereka dalam tempo 17 tahun. De Amsterdammer sebelumnya menjadi juara KNVB Beker pada 5 Mei lalu. Akibatnya, di laga terakhir, kemenangan 3-1 PSV atas Heracles jadi percuma.

Laga tersebut akan menjadi laga terakhir bagi sejumlah pemain bintang Ajax. Mereka akan hijrah setelah menjadi incaran sejumlah klub besar Eropa.

Gelandang Frenkie De Jong akan bergabung dengan Barcelona dengan nilai transfer 75 juta euro. Adapun bek tengah Matthijs de Ligt berpeluang menyusul rekan setimnya itu ke klub Catalan tersebut.

Pascakeberhasilan Ajax menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions, Ten Hag mengungkapkan bahwa Hakim Ziyech dan David Neres juga menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Kiprah Ajax di Liga Champions musim ini memang luar biasa. Klub Eredivisie itu sukses menyingkirkan Juventus di perempat final sebelum kalah di semifinal dari Tottenham Hotspur. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More