Kamis 16 Mei 2019, 03:45 WIB

Ada Nabi-Nabi Lain sebelum Muhammad

Quraish Shihab | TAFSIR AL-MISHBAH
Ada Nabi-Nabi Lain sebelum Muhammad

MI/seno
Quraish Shihab

SEBELUMNYA kita membahas ayat-ayat yang berbicara tentang Alquran yang dituduh sebagai kitab yang dibuat-buat oleh Nabi Muhammad SAW dan mereka (manusia) mengingkari beliau sebagai rasul Tuhan.

Ayat yang lalu itu mengatakan, "Kalau memang kalian tidak percaya, cukuplah Allah yang menjadi saksi kebenaran saya."

Ayat kita kali ini masih lanjutan dari uraian yang lalu. Dalam Alquran Nabi Muhammad diperintahkan Allah untuk menyampaikan sesuatu.

"Katakanlah, saya ini bukan orang pertama yang menjadi rasul. Sebelum saya, banyak yang menjadi rasul-rasul. Jadi, mestinya kalian tidak perlu heran jika saya jadi rasul. Sebelumnya sudah ada Nabi Musa, Ibrahim, Isa, dan sebagainya. Saya tidak membuat-buat."

Dalam surah ini juga diterangkan bahwa Rasulullah sebelumnya juga membawa mukjizat sesuatu yang belum ada contoh sebelumnya. "Allah pencipta langit dan bumi, dan belum ada sebelum itu contohnya."

Saya terangkan di sini, ada kata bid'ah yang artinya sesuatu yang baru yang dibuat dalam agama. Setelah itu baru dikatakan, "Saya tidak tahu gaib, saya tidak tahu Tuhan akan memperlakukan saya bagaimana, memperlakukan kalian pun bagaimana. Mungkin saya mati terbunuh atas izin Tuhan, mungkin saya selamat, mungkin kalian mengalahkan saya, mungkin juga saya mengalahkan kalian."

Namun, kembali lagi dalam ayat ini ada ulama yang memperluas lagi maknanya dengan, "Saya juga tidak tahu bagaimana nanti di akhirat. Alhasil, saya tidak tahu apa yang saya ketahui menyangkut gaib itu karena diberi tahu Allah."

Lantas ulama-ulama menambahkan, saat turunnya ayat ini sekian banyak hal yang belum diberi tahu Allah kepada Nabi, tapi setelah itu ada, yakni, "Kami akan memberi kemenangan kepada kamu. Dosa-dosamu akan diampuni Allah."

Akan tetapi, sampai saat ini, sampai turunnya ayat ini, saya (Nabi) tidak tahu gaib sampai disampaikan Allah. Saya tidak tahu Allah akan memperlakukan atas tindakan kalian mengingkari ayat-ayat Allah.

"Yang saya ikuti secara sungguh-sungguh hanya yang diwahyukan kepada saya. Saya hanya menyampaikan, bukan tugas saya meraih sukses, saya tidak lain selain pemberi peringatan. Dalam menyampaikan pesan, tentu ada yang terima ada yang tidak. Soal kalian terima atau tidak, bukan urusan saya. Saya berusaha dan sukses di tangan Tuhan."

Selanjutnya, katakan lagi wahai Muhammad, "Beri tahu bagaimana sikapmu kalau ini bersumber dari Allah, lantas kamu mengingkarinya, tetapi ada seorang saksi yang menyaksikan dari Bani Israil bahwa ini benar."

Di sini menjelaskan bahwa ada saksi dari Bani Israil yang menyatakan bahwa sebelumnya sudah ada yang seperti ini. Sebelum Nabi Muhammad, sudah ada yang menjadi nabi, sebelum Alquran, sudah ada kitab suci lain.

Jadi, klaim saya bahwa ada nabi-nabi sebelumnya, ada kitab suci sebelum saya (Nabi Muhammad), "Bukan saya seorang diri yang berkata. Ada yang menjadi saksi, yang menyaksikan, ada yang sebelumnya seperti ini." (Sru/H-1)

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 22 Sep 2019 / 17 Ramadan 1440 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:25 WIB
Subuh : 04:35 WIB
Terbit : 05:52 WIB
Dhuha : 06:20 WIB
Dzuhur : 11:53 WIB
Ashar : 15:14 WIB
Maghrib : 17:47 WIB
Isya : 19:00 WIB

PERNIK

Read More