Kamis 16 Mei 2019, 05:40 WIB

Pemain Diminta Tambah Daya Juang

mediaindonesia | Olahraga
Pemain Diminta Tambah Daya Juang

antara
Manajer tim Piala Sudirman Indonesia Susy Susanti

SEJATINYA kemampuan para pebulu tangkis Indonesia tidak kalah dari negara-negara lain. Salah satu kelemahan utama para pebulu tangkis pelatnas lebih pada faktor mental.

Itu sebabnya mereka harus mengikis kekurangan tersebut, terutama dengan mendongkrak daya juang. Manajer tim Piala Sudirman Indonesia Susy Susanti mengungkapkan hal tersebut.

Menurut Susy, daya juang para pebulu tangkis Indonesia saat ini masih sangat kurang, terutama di bagian putri. Hal itu bisa dilihat dari hasil turnamen yang mereka ikuti.

"Terus terang, untuk tunggal putri kita masih kurang. Kadang mereka kalah karena bukan oleh lawan, tapi diri sendiri, kadang kalah sama keadaan. Makanya, salah satunya kenapa saya pilih Rionny Mainaky, dengan pengalaman dia melatih di Jepang berapa tahun kita harapkan bisa dia tularkan," kata Susy yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Itu yang selalu saya ingatkan ke atlet-atlet karena dari pengalaman saya terjadi dan itu bukan saya saja, ada Koh Lius (Pongoh) dan yang lain. Prinsipnya dengan keuletan, ketegaran, pantang menyerah, kita bisa mengembalikan keadaan," lanjutnya.

Ketiadaan Liliyana Natsir, kata Susy, bukan berarti sektor ganda campuran Indonesia menjadi lemah. Justru sektor itu masih menjadi salah satu tumpuan untuk meraih angka kemenangan.

Kini sektor ganda campuran level elite diisi pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.

"Memang lebih yakin kali ini karena yang sekarang lebih ready buat main, yang cedera sudah disembuhin, tinggal di-maintain, sudah siap main semua," kata Praveen.

"Kami baru latihan sebentar jelang Piala Sudirman, tapi masih ada berapa hari latihan sebelum berangkat. Kalau chemistry sama Mely (Melati), saya sudah mengerti dia sejak lama. Yang perlu dibenahi itu lebih dimatengin saja, dari cara main, kadang suka berubah," tuturnya.

Berdasarkan hasil undian Piala Sudirman 2019, Indonesia berada di grup B bersama Denmark dan Inggris. (PBSI/Mln/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More