Kamis 16 Mei 2019, 04:20 WIB

Ujian Berat Serdadu Tridatu

Cahya Mulyana cahya@mediaindonesia.com | Sepak Bola
Ujian Berat Serdadu Tridatu

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Sejumlah pesepak bola Bali United berpose mengenakan jersey terbaru

 

LAGA berat menanti Bali United di penampilan pertama Liga 1 2019 hari ini. Di kandang Stadion I Wayan Dipta Gianyar, 'Serdadu Tridatu' akan menjamu Persebaya Surabaya.

Bermain di kandang, Bali United memang lebih diunggulkan. Namun, hasil dua pertemuan musim lalu menjadi pelajaran berharga Bali United untuk tidak jemawa di kandang. Setelah kalah 0-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Bali United justru digilas Persebaya 5-2 di Stadion I Wayan Dipta.

"Dua kekalahan dari Persebaya musim lalu akan menjadi evaluasi tim. Kebetulan saat pertandingan kandang, saya tidak bermain karena memperkuat timnas Indonesia. Tapi besok (hari ini) saya dan teman-teman akan berjuang untuk meraih tiga poin," tegas gelandang serang Bali United Stefano Lilipaly.

Lilipaly mengakui Persebaya merupakan tim bagus dan Bali United harus bekerja keras untuk meredam keganasan 'Bajul Ijo'. Tim besutan Stefano Cugurra itu tidak ingin mengawali musim dengan hasil negatif.

"Persebaya adalah tim yang bagus. Tim ini memiliki individu pemain yang berkualitas. Liga 1 musim lalu mereka juga memiliki kualitas baik, terutama menjelang akhir kompetisi," ujar tegasnya.

Peluang Lilipaly dan kolega mendulang poin maksimal atas Persebaya terbuka lebar. Pasalnya, 'Bajul Ijo' tidak bisa membawa kekuatan terbaik di laga perdana musim ini.

Persebaya dipastikan tidak akan diperkuat lima pemain kunci dalam lawatan ke Gianyar. Empat pemain mengalami cedera, yaitu Misbakus Solikin, Oktafianus Fernando, Nelson Alom, dan Otavio Dutra. Sementara itu, satu pemain yang terganjal administrasi ialah striker asing andalan, Amido Balde.

Di samping itu, kondisi striker asing lainnya Manuchekhr Dzhalilov juga masih diragukan. "Dzhalilov tetap saya bawa dan dia akan bermain jika dokter memberikan rekomendasi," kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

Dengan kondisi yang dialami timnya, Djadjang mengaku laga menghadapi Bali United akan makin sulit. Apalagi, tim 'Serdadu Tridatu' dipastikan mendapatkan tambahan motivasi dari suporter setia mereka, setelah hukuman dua laga kandang tanpa penonton di awal Liga 1 musim ini dihapuskan PSSI.

Catatan buruk

Di sisi lain, menghadapi laga perdana Liga 1 2019, Persib Bandung dibayangi catatan buruk. Dalam dua musim terakhir, 'Maung Bandung' gagal meraih poin maksimal di laga perdana.

Pada Liga 1 2017, mereka diimbangi Arema FC tanpa gol, sedangkan musim 2018, 'Maung Bandung' kembali harus puas bermain imbang 1-1 melawan PS Tira (sekarang Tira-Persikabo).

Pada Liga 1 musim ini, Persib akan menjamu tim kuda hitam Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Manajer Persib Umuh Muchtar optimistis timnya bisa memperbaiki catatan tersebut.

"Mudah-mudahan mampu pecah rekor lah, tidak disulitkan, dan ada kemudahan. Karena melihat dari pelatih, walaupun baru beberapa hari, dia sepertinya sudah paham karakter pemain," kata Umuh seperti dikutip goal.com.

Di tangan pelatih baru Robert Rene Alberts, Umuh yakin Persib bisa meraih poin maksimal atas Persipura. "Mudah-mudahan pelatih mampu membawa kebaikan dan Persib bisa menang," tegas Umuh. (R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More