Kamis 16 Mei 2019, 08:00 WIB

Adab Mengucapkan Salam

Haufan Hasyim Salengke | Advertorial
Adab Mengucapkan Salam

Metro TV
Provocative Mindset

MENGUCAPKAN salam merupakan ahlak terpuji. Ini hal yang dasar sebagai makhluk sosial ketika kita bertemu orang, baik sengaja atau tidak sengaja, kenal atau tidak kenal, perlu diingat bahwa greeting manner ialah kesan pertama. Dari situlah pertama kali penilaian atas diri kita dimulai.

Dalam menyampaikan salam tentu ada beberapa tata cara atau adabnya. Di sisi lain, tidak selalu mendapatkan respons positif atau baik dari orang yang kita sapa.

Saat kita bertemu orang yang kita kenal,  ada yang mau menyapa namun kadang pura-pura tidak kenal. Lebih parah lagi tanpa alasan kadang orang tersebut buang muka.

Kesalahan greeting kedua berkait orang yang sudah kita kenal ialah soal cium pipi kiri dan kanan atau cipika-cipiki.

Sebaiknya, kalau kita tidak akrab atau tidak ada ikatan perasaan kedekatan yang sama, tidak usah memaksa cipika cipiki. Karena belum tentu lawan kita mau melakukannya.

Tata cara selanjutnya ialah saat bertemu orang belum dikenal. Adab universalnya ialah kalau mata sudah saling lihat alias terjadi eye contact, biasanya kita akan melemparkan senyum atau mengangguk.

Di kasus belum kenal, jika kita lagi malas dan tidak ingin berbasa-basi, kita bisa menghindari eye contact. (Hym/S2-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More