Pemerintah Daerah Galakkan Operasi Pasar Murah

Penulis: (YH/DW/UL/LD/N-3) Pada: Rabu, 15 Mei 2019, 22:20 WIB Nusantara
Pemerintah Daerah Galakkan Operasi Pasar Murah

MI/Kristiadi
Stabilkan harga kebutuhan pokok, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar operasi pasar murah

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melalui dinas perindustrian dan perdagangan menggelar pasar murah selama empat hari di bulan Ramadan. Hal itu dimaksudkan untuk menekan harga bahan pokok.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, selain sebagai salah satu upaya pemerintah menanggulangi gejolak kenaikan harga, diharapkan bazar pasar murah tersebut juga dapat membantu warga miskin untuk mendapatkan kebutuhan rumah tangga.

"Dengan dibukanya bazar atau pasar murah ini, kita berharap dapat menurunkan inflansi yang cenderung terjadi selama Ramadan," ungkap Irwan.

Selama pelaksanaan pasar murah dijual berbagai bahan pokok, seperti telur, daging, ikan, daging ayam, cabai, dan bawang putih. Selain itu, disediakan tepung terigu, minyak goreng, makanan khas daerah, biskuit, serta produk-produk khas Minang.

Dengan begitu, pasar murah tersebut menyerupai pasar tradisional biasa, tapi dengan perbedaan harga yang jauh di bawah harga pasar.

Semisal, daging sapi dijual Rp110 ribu per kilogram (kg). Di pasar tradisional harganya Rp120 ribu per kg. Kemudian telur ayam ras, jika di pasar tradisional dibanderol Rp39 ribu per papan, di pasar murah itu hanya Rp34 ribu.

Sementara itu, Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, mengimbau semua instansi dan para pemangku kepentingan di lingkutan kota itu berpartisipasi dalam pelaksanaan pasar murah.

Tidak hanya berfokus di satu titik, pasar murah juga ditargetkan akan diselenggarakan hingga ke tingkat kelurahan agar dapat langsung menyentuh masyarakat.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustina, saat membuka bazar sembako murah di Kantor Kelurahan Plaju Ilir, kemarin, mengatakan pasar murah harus digelar di banyak tempat agar masyarakat di tiap-tiap kelurahan bisa membeli aneka kebutuhan.

Di Cirebon, Jawa Barat, Pemkot Cirebon menyatakan segera menggelar operasi pasar murah untuk menjaga daya beli masyarakat dan menjaga inflasi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Cirebon, Yati Rohayati, menjelaskan hari ini pasar murah akan digelar. (YH/DW/UL/LD/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More