Rabu 15 Mei 2019, 17:26 WIB

Fadli Zon Anggap People Power tak Langgar Konstitusi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Fadli Zon Anggap People Power tak Langgar Konstitusi

Dok DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

 

WAKIL Ketua Umum Partai Gerindra dan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan tidak ada yang salah dengan people power. Ia menyatakan people power atau yang bisa dimaknai sebagai pengerahan massa merupakan tindakan yang tak melanggar konstitusi.

"Tidak ada pelanggaran hukum pelanggaran apapun dari ucapan people power. Kalau ada aparat penegak hukum yang menanggap itu makar, makarnya dimana? People power itu bukan makar," ujar Fadli, di gedung DPR, Jakarta, Rabu, (15/5).

Baca juga: Ubah People Power ke Kedaulatan Rakyat,Upaya Merongrong Demokrasi

Fadli mengatakan bahwa dalam negara demokrasi kebebasan berpendapat diatur dan dilindungi. Begitu juga dengan pengerahan massa dengan demonstrasi.

People power juga dikatakannya tidak bisa digolongkan ke dalam makar. Menurut Fadli, makar ialah tindakan yang memiliki unsur untuk meruntuhkan pemerintah yang sah dengan satu kekuatan bersenjata dan sebagainya.

"Saya termasuk melihat people power itu biasa-biasa saja," ujar Fadli.

Ia mengatakan yang tidak konstitusional itu adalah upaya untuk menjatuhkan pemerinrah yang sah. Namun, kalau people power dijalankan dengan melakukan demonstrasi besar-besaran dalam keadaan damai, hal itu dianggap sah dan konstitusional. (OL-6)

Baca Juga

MI/M Soleh

Soal Djoko Tjandra, Komisi III akan Panggil Imigrasi dan Polri

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:26 WIB
Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto mempertanyakan alasan l National Central Bureau (NCB) Interpol mencabut status buronan terpidana...
Ilustrasi

Kemensos-BNN Kerjasama Cegah dan Tangani Narkoba

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:51 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, nota kesepahaman ini menjadi landasan kerja sama dalam menyamakan persepsi dan cara bertindak...
MI/Adi Kristiadi

Geledah Pendopo Walikota Banjar, KPK Usut Korupsi Infrastruktur

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:03 WIB
Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK saat ini sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti. Penyidik memeriksa saksi dan melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya