Bulog Siapkan Daging Kerbau Impor Asal India

Penulis: (JI/LD/RF/SS/FR/UL/PO/AS/N-3) Pada: Rabu, 15 Mei 2019, 03:30 WIB Nusantara
Bulog Siapkan Daging Kerbau Impor Asal India

ANTARA FOTO/Jojon
Pekerja menunjukan stok daging yang ada di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog)

BULOG Tegal, Jawa Tengah, yang wilayah kerja mereka meliputi tujuh kabupaten/kota di bekas Keresidenan Pekalongan, memprediksi harga daging sapi saat Hari Raya Idul Fitri bakal naik.

Untuk menyiasati hal itu, pemerintah bakal mengeluarkan varian atau daging alternatif, yakni da­ging kerbau. Dalam waktu dekat, Bulog bakal menyiapkan daging kerbau dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Nanti HET (harga eceran ter­tinggi) daging kerbau di pasaran hanya Rp80 ribu per kilogram (kg),” kata Kepala Bulog Subdrive VI Pekalongan, Rasiwan, saat melakukan survei harga daging di Pasar Trayeman, Slawi, Kabupaten Tegal, kemarin.

Menurutnya, harga tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging sapi yang mencapai Rp 120 ribu per kg. Demikian pula harga daging kambing, tidak jauh berbeda dengan harga daging sapi, yakni Rp105 ribu per kg.

Karena itu, untuk mencukupi kebutuhan daging selama Rama­dan dan Hari Raya Idul Fitri, pemerintah telah memilih daging kerbau untuk masyarakat seiring dengan melejitnya harga daging sapi maupun kambing.

“Nanti daging kerbau kita impor dari India. Saat ini, kita masih tahap sosialisasi,” ujarnya. Rasiwan membeberkan, Bulog bakal menyi­ap­kan daging kerbau menjelang Hari Raya Idul Fitri sebanyak 1,2 ton di wilayah bekas Keresidenan Pekalongan itu. Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalo­ngan, Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Brebes.

“Kita nanti juga akan menyosiali­sasikan bakso daging kerbau. Kami sudah menyiapkan 200 kilogram bakso daging kerbau untuk tahap pengenalan,” terangnya.

Di lain hal, setelah digelar ope­ra­­si pasar (OP), harga bawang pu­tih di Banyumas, Jawa Tengah, turun. Kini, harga bawang putih turun dari sebelumnya Rp60 ribu menjadi Rp51 ribu per kg.

Diharapkan harga bawang putih akan terus turun. Seorang pedagang di Pasar wage, Purwokerto, Sa­minah, 53, mengatakan bawang putih yang harganya sempat men­­capai Rp70 ribu per kg, telah ber­­angsur turun. (JI/LD/RF/SS/FR/UL/PO/AS/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More