Rabu 15 Mei 2019, 03:15 WIB

Satgas Pangan Pantau Harga Kebutuhan Pokok

(HS/YH/N-3) | Nusantara
Satgas Pangan Pantau Harga Kebutuhan Pokok

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Petugas (kanan) memeriksa harga ayam potong saat sidak pangan

 

SATUAN Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisi­o­­nal untuk memantau harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri.

Dari pantauan Satgas Pangan, harga kebutuhan pokok di Sidoarjo masih relatif stabil dan stoknya masih mencukupi. Salah satu pasar yang disambangi Satgas Pangan ialah Pasar Tradisional Larangan.

Adapun tim Satgas Pangan yang melakukan sidak terdiri atas Satreskrim Polresta, Disperindag, Bulog serta Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Sidoarjo. Sejumlah komoditas bahan pokok yang menjadi perhatian mereka di antaranya bawang putih, bawang merah, cabai merah, telur, daging sapi, daging ayam hingga ketersedia­an beras di pasaran.

Sidak dilakukan terutama karena harga bawang merah dan bawang putih sempat mengalami kenaikan signifikan. Dari pantauan Satgas Pangan, komoditas tersebut saat ini relatif stabil. Bahkan, harga bawang putih dan bawang merah yang sempat naik, sudah mulai turun sejak beberapa ha­ri lalu.

Untuk harga daging sapi, masih stabil di kisaran Rp100 ribu per kilogram (kg). Namun, harga daging ayam mengalami kenaikan dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp33 ribu per kg. “Satgas Pangan akan menindak tegas apabila ada praktik penimbunan barang yang mengakibatkan kenaikan harga barang,” kata Ketua Satgas Pangan Komisaris M Harris, Selasa (14/5).

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Padang dengan didampingi instansi terkait, melakukan sidak ke sejumlah toko di Kota Batusangkar untuk mengecek kelayakan makanan, minuman, dan obat yang dijual.

Dari hasil penelusuran di lapangan ditemukan sejumlah produk yang tidak layak jual. Dalam menghadapi hal itu, Badan POM  bertindak tegas melakukan pemusnah­an karena barang-barang tersebut sudah keda­luwarsa. Barang bukti yang dimusnahkan antara lain makanan, minuman, dan kosmetik. (HS/YH/N-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

12 Warga Raja Ampat Sembuh Dari Covid-19 Kembali ke Rumah

👤Martinus Solo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:07 WIB
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dalam arahannya meminta 12 warga yang telah sembuh untuk tetap menjaga kesehatan dan protokol...
 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Industri Garmen Kini Produksi APD, Penjualan Meningkat 100 Persen

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 05:36 WIB
Pengusaha garmen di Bali mengaku penjualan alat pelindung diri seperti baju medis dan masker melonjak hingga 100% di tengah pandemi...
Dok MI

Total Kasus Sembuh Covid-19 di Riau Capai 76

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Ssaat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Riau telah menerima 5.458 spesimen swab. Selain itu, alat PCR juga telah memeriksa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya