Sarapan Protein, Kenyang Lebih Lama

Penulis: (Ind/H-2) Pada: Rabu, 15 Mei 2019, 02:15 WIB Weekend
Sarapan Protein, Kenyang Lebih Lama

Thinkstock
Ilustrasi

PROTEIN merupakan salah satu zat gizi yang tidak boleh dilupakan saat sarapan. Asupan protein dapat mencegah rasa lapar datang lebih cepat jika dibandingkan dengan sarapan dengan porsi karbohidrat yang lebih banyak.

Hal itu diutarakan anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife, dokter Hamid Jan, di Jakarta, pekan lalu. "Saat mengonsumsi protein yang cukup, rasa kenyangnya panjang karena protein dicerna lebih lama daripada karbohidrat sederhana yang dicerna dan diserap lebih cepat oleh tubuh," terang Hamid.

Ia mengingatkan agar menghindari konsumsi karbohdirat yang terlalu banyak saat sarapan. Seperti yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia. Saat mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, ujar Hamid, seseorang jadi mudah mengantuk sebagai dampak fluktuasi kadar gula darah setelah konsumsi karbohidrat.

"Karena itu, sebaiknya mengonsumsi sarapan sehat yang terdiri atas karbohidrat, buah dan sayur, dan protein dengan porsi seimbang," sarannya.

Sayangnya, Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik 2019 yang dilakukan Herbalife pada Maret 2019 pada 5.500 responden dari berbagai negara menunjukkan masyarakat umumnya sadar akan pentingnya sarapan sehat. Namun, ada tiga hal yang menjadi hambatan.

"Yakni keterbatasan waktu (62%), banyak hal yang perlu disiapkan (31%), dan butuh banyak biaya (26%)," ujar Senior Director and Conurty General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi. Ia pun menyarankan untuk membuat perencanaan sarapan secara matang, termasuk bangun lebih awal demi mendapatkan sarapan yang bernutrisi lengkap dan seimbang. (Ind/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More