Rabu 15 Mei 2019, 02:15 WIB

Sarapan Protein, Kenyang Lebih Lama

(Ind/H-2) | Weekend
Sarapan Protein, Kenyang Lebih Lama

Thinkstock
Ilustrasi

PROTEIN merupakan salah satu zat gizi yang tidak boleh dilupakan saat sarapan. Asupan protein dapat mencegah rasa lapar datang lebih cepat jika dibandingkan dengan sarapan dengan porsi karbohidrat yang lebih banyak.

Hal itu diutarakan anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife, dokter Hamid Jan, di Jakarta, pekan lalu. "Saat mengonsumsi protein yang cukup, rasa kenyangnya panjang karena protein dicerna lebih lama daripada karbohidrat sederhana yang dicerna dan diserap lebih cepat oleh tubuh," terang Hamid.

Ia mengingatkan agar menghindari konsumsi karbohdirat yang terlalu banyak saat sarapan. Seperti yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia. Saat mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, ujar Hamid, seseorang jadi mudah mengantuk sebagai dampak fluktuasi kadar gula darah setelah konsumsi karbohidrat.

"Karena itu, sebaiknya mengonsumsi sarapan sehat yang terdiri atas karbohidrat, buah dan sayur, dan protein dengan porsi seimbang," sarannya.

Sayangnya, Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik 2019 yang dilakukan Herbalife pada Maret 2019 pada 5.500 responden dari berbagai negara menunjukkan masyarakat umumnya sadar akan pentingnya sarapan sehat. Namun, ada tiga hal yang menjadi hambatan.

"Yakni keterbatasan waktu (62%), banyak hal yang perlu disiapkan (31%), dan butuh banyak biaya (26%)," ujar Senior Director and Conurty General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi. Ia pun menyarankan untuk membuat perencanaan sarapan secara matang, termasuk bangun lebih awal demi mendapatkan sarapan yang bernutrisi lengkap dan seimbang. (Ind/H-2)

Baca Juga

123RF

Terdampak Pandemi, Gajah-Gajah pun Ikutan Deurbanisasi

👤Abdillah Marzuqi 🕔Selasa 26 Mei 2020, 23:44 WIB
Porsi makan gajah dewasa di tempat wisata bisa mencapai 300 kilogram per...
MI/RAMDANI

Cara Mengatasi Kecemasan Menyongsong Kehidupan Normal Baru

👤Fetry wuryasti 🕔Selasa 26 Mei 2020, 18:35 WIB
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan pandemi dan hal yang mungkin...
 unsplash/Krzysztof Niewolny

Ini Trik Rahasia Agar Tanaman Cepat Berbunga

👤Faturrhozak 🕔Selasa 26 Mei 2020, 15:00 WIB
Ketika dihadapkan pada kekurangan serbuk sari, lebah akan merusak daun tanaman dengan memakannya agar tanaman berbunga lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya