Manfaat Susu saat Sahur dan Berbuka Puasa

Penulis: (RO/H-2) Pada: Rabu, 15 Mei 2019, 01:45 WIB Weekend
Manfaat Susu saat Sahur dan Berbuka Puasa

Thinkstock
Ilustrasi

SELAMA menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit. Konsumsi susu sangat dianjurkan untuk melengkapi asupan gizi sehari-hari.

"Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein. Selain itu, susu menyumbang asupan cairan tubuh, juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa," ujar dokter Rachmad Wishnu Hidayat, melalui keterangan tertulis yang disiarkan Greenfields, pekan lalu.

Konsumsi susu, lanjutnya, juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka memberikan manfaat yang berbeda dengan asupan saat sahur. Saat berbuka, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh.

Konsumsi susu di malam hari juga baik. Segelas susu yang diminum pada malam hari akan membantu tidur lebih cepat berkat kandungan asam amino tryptophan yang akan meningkatkan produksi zat serotonin di otak.
Manfaatnya, tidur bisa lebih cepat dan nyenyak karena serotonin bersifat menenangkan.

Tentu saja, susu dan produk turunannya seperti yoghurt dan keju bisa divariasikan dalam berbagai olahan pangan. Greenfields pun mengajak masyarakat, terutama para ibu, untuk berbagi resep menggunakan susu dan produk turunannya melalui Instagram dengan tagar #ResepKreasiGreenfields. (RO/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More