Potret Kerukunan lewat Takjil Gratis di Gereja dan Vihara

Penulis: Tosiani Pada: Selasa, 14 Mei 2019, 19:55 WIB Weekend
Potret Kerukunan lewat Takjil Gratis di Gereja dan Vihara

MI/ Rommy Pujianto
Anak-anak mendapatkan takjil gratis di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta.

KESEJUKAN ramadan juga terlihat di sejumlah rumah ibadah non muslim di Tanah Air. Beberapa gereja dan vihara memperlihatkan indahnya toleransi dengan berbagi takjil, dab bahkan layanan cuci motor gratis.

Berikut beberapa rumah ibadah yang menggelar aksi toleransi itu:

- Gereja Yesus kristus Tebet, Jakarta Selatan

Selama sehari, pada Sabtu (11/5) lalu, para umat dan pengurus gereja tersebut melakukan pelayanan dengan membagikan takjil gratis pada masyarakat dan mencucikan sepeda motor milik pengguna jalan di depan gereja secara gratis. Stephen, seorang misionaris gereja asal Amerika, mengatakan, ide membagikan takjil gratis tersebut berasal dari Kepala Gereja. Sedikitnya ada 900 paket takjil, antara lain berisi kolak pisang, dan arem-arem. Stephen yang mengaku tinggal di Indonesia untuk sementara waktu ini mengaku ikut membagikan takjil pada masyarakat.

 
"Itu makanan Indonesia, saya ikut membagikan di jalan depan gereja (Jalan Saharjo). Jadi usai mencuci motor, kami taruh semua sabun dan peralatan, lalu ambil makanan takjil itu untuk dibagikan pada orang-orang,"tutur Stephen kepada Media Indonesia, Selasa (14/5). Sebanyak 900 paket takjil itu, menurut Stephen, merupakan sumbangan dari umat Kristiani. Ratusan paket takjil langsung habis dibagikan pada masyarakat dalam waktu sekitar 15 menit saja.
 
"Dalam gereja ini kami juga ada ibadah puasa setiap sebulan sekali. Kami tahu rasanya usai puasa pasti merasa lapar. Jadi saya pikir kalau ada orang atau kendaraan lewat saya kejar, saya kasih takjilnya. Saya juga mengejar pengemudi truk dan mobil untuk memberi takjil,"kenang Stephen.
 
Stephen merasa bersemangat ikut kegiatan membagi takjil. Ia juga ikut mencucikan sepeda motor pengemudi. Dengan begitu, ia merasakan kasih Allah dan merasa menjadi murid Kristus. Kegiatan ini, katanya, merupakan kesempatan untuk mengabarkan pada masyarakat bahwa kegiatan di gereja tidak hanya berisi khotbah saja. Tapi ada pelayanan untuk masyarakat. "Waktu saya nyuci motor, banyak masyarakat yang terkesan seperti tidak menyangka ada bule disini dan ikut mencucikan motor mereka," ujar Stephen.
 
Baird, Misionaris gereja asal Amerika mengaku senang ikut mencucikan sepeda motor para pengguna jalan. Karena melalui kegiatan itu ia bertemu lebih banyak orang dan bisa memiliki teman banyak. "Saya senang cuci motor. Karena saya bisa bertemu lebih banyak orang dan berteman. Saya sudah sering ikut, sudah 12 kali karena tiap sebulan sekali ada kegiatan cuci motor. Kadang pengendara nanya apa benar-benar gratis? Mereka seperti tidak percaya pada awalnya,"kata Baird. Ia menambahkan jika gereja juga menyediakan pelatihan Bahasa Inggris gratis dan program membantu menemukan silsilah keluarga yang hilang.
 

- Magelis Agung gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) 

Bertempat di Jalan Sudanco Supriadi, Sukun, Kota Malang, GKJW  membagikan takjil tiap sore. Di halaman gereja juga terpasang spanduk bertuliskan ucapan selamat ramadan bagi umat muslim. Kerukunan juga ditunjukan pihak gereja melalui program live in di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Pada program ini, remaja dari pondok dan gereja akan berbaur, bersama-sama menyelenggarakan kegiatan selama beberapa hari. 

Semarak Ramadhan juga ditunjukan Yayasan klenteng Eng An Kiong Malang juga memasang spanduk berisi ucapan selamat menjalankan ibadah puasa di halaman Klenteng. Spanduk itu dipasang sejak awal Bulan Ramadan.

 

- Majelis Niciren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI)

Berkantor di Jalan Padang Nomor 27 Manggarai, Jakarta Selatan, MNSBDI menyediakan takjil gratis bagi puluhan stafnya yang beragama muslim. Takjil berupa aneka makanan ringan seperti kolak, es sirup, es buah, dan lainnya disediakan tiap sore di kantin staf menjelang berbuka puasa. Selain takjil juga ada makanan untuk berbuka puasa.

"Kita ada takjil tiap sore disiapkan di kantin staf. Bagi staf beragama muslim disilahkan menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadan,"ujar Humas MNSBDI Pandhita Iwan Setiawan, Selasa (14/5), di Jakarta.
 
 
- Vihara Dharma Bakti Glodok
Program berbagi takjil gratis di vihara ini sudah berlangsung lama dan sudah sangat dikenal. Sebab itu, biasanya sudah sejak sore hari banyak orang berkumpul di sekitar vihara untuk bis amendapat takjil tersebut. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More