Persyaratan Pengoperasian LRT belum Terpenuhi

Penulis: M Iqbal Al Machmudi Pada: Selasa, 14 Mei 2019, 19:50 WIB Megapolitan
Persyaratan Pengoperasian LRT belum Terpenuhi

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama.
lrt

KERETA ringan atau Lintas Raya Terpadu (LRT) hingga saat ini belum bisa beroperasi hal tersebut dikarenakan masih ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi. Sehingga pengoperasian LRT diundur hingga persyaratan terpenuhi.

"Hasil monitoring dan evaluasi dari dinas perhubungan (Dishub) terkait LRT masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, untuk pengoperasian LRT," kata Anies Baswedan saat penandatanganan kerjasama di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (14/5).

Adapun beberapa syarat yang belum rampung ialah bangunan stasiun, fasilitas operasi, depo, dan izin operasi depo, dan depo LRT belum ada sertifikasi.

Kendati demikian Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyebut bahwa Direktorat Jenderal Perekeretaapian (DJKA) sebetulnya telah menentukan recontext yang diterbitkan untuk prasarana jalan dan bangunan stasiun.

Baca juga: LRT Jakarta Beroperasi Setelah Proses Administratif Selesai

Selain itu, Anies mengatakan bahwa LRT juga sudah lolos penilaian sistem keselamatan (safety assessment) sehingga layak untuk mengangkut orang banyak atau layak menjadi angkutan masal.

Walaupun masih banyak syarat yang bekum terpenuhi Anies yakin LRT bakal beroperasi secepatnya. Dia mencontohkan MRT yang berhasil melakukan hal serupa.

"Mudah-mudahan terkejar. Kemarin MRT juga dikejar di menit-menit terakhir," pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More