Selasa 14 Mei 2019, 12:33 WIB

KLB Penyakit di Jeneponto Masih Diinvestigasi

Indriyani Astuti | Humaniora
KLB Penyakit di Jeneponto Masih Diinvestigasi

MI/Lina Herlina
Warga Jeneponto terserang penyakit misterius

 

PEMERINTAH masih melakukan pengkajian terhadap kasus kejadian luar biasa (KLB) penyakit yang dialami puluhan warga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kepala Subbdit Pengamatan Penyakit Hewan Kementan Budi Angkasa mengatakan dinas kesehatan setempat dan dinas kesehatan hewan sedang melakukan pengujian sampel darah ternak dan lingkungan sekitar Jeneponto.

"Pengujian dilakukan di Laboratorium Balai Besar Veteriner di Maros, Sulawesi Selatan," ujarnya dalam acara peningkatan kolaborasi dan koordinasi investigasi KLB dan Wabah di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di Jakarta, Senin (14/5).

Baca juga: 70 Warga Jeneponto Terserang Penyakit Misterius, 3 Meninggal

Selain hewan ternak, Kementerian Kesehatan juga masih melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab KLB. Kasubdit Surveilans Endang Burni mengatakan dinas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap warga di Kabupaten Jeneponto. Namun, belum dipastikan kecurigaan tersebut mengarah pada penyakit tertentu.

Seperti yang telah diberitakan, puluhan warga Jeneponto dilaporkan terserang penyakit dengan gejala demam, nyeri sendi dan sakit perut. Namun hingga kini belum dapat dipastikan penyebabnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More