Detective Pikachu Sukses di Box Office Dunia

Penulis: Purba Wirastama Pada: Senin, 13 Mei 2019, 14:30 WIB Hiburan
Detective Pikachu Sukses di Box Office Dunia

Angela Weiss / AFP
Pokemon Detective Pikachu

FILM adaptasi gim video Detective Pikachu membuka akhir pekan pertama tayang di seluruh dunia dengan kisaran pendapatan USD161 juta atau Rp2,3 triliun. Capaian tersebut sebetulnya paling besar, jika mengecualikan Avengers: Endgame yang masih dominan di box office dunia hingga akhir pekan ketiga tayang.
 
Menurut catatan Box Office Mojo dan Comscore, selama akhir pekan terakhir (10-12 Mei 2019), Detective Pikachu meraup sekitar USD58 juta dari domestik (AS-Kanada) dan USD103 juta dari internasional. Jika dibandingkan dalam kategori film adaptasi video gim, film ini telah memecahkan rekor pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, yang sebelumnya dipegang Lara Croft: Tomb Raider (2001).

Baca juga: Rayakan Mother's Day, Abi Jakile Rilis Video Musik Her

Total pendapatan terkini Detective Pikachu diperkirakan mencapai USD170,4 juta atau sekitar USD2,43 triliun. Sebelum akhir pekan pertama, film ini telah tayang dua hari lebih awal di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Endgame, selama akhir pekan yang sama, diperkirakan menambah USD165,35 juta atau sekitar Rp2,36 triliun di seluruh dunia. Dengan tambahan ini, Endgame semakin memantapkan posisi unggulnnya di box office.
 
Pertama, sebagai film Amerika dengan pendapatan tertinggi kedua sepanjang masa di dunia, yaitu sekitar USD2,485 miliar atau Rp35,5 triliun. Rekor pendapatan tertinggi masih dipegang oleh Avatar (2009) dengan total capaian USD2,788 miliar (tidak menghitung selisih inflasi).
 
Kedua, sebagai film Amerika dengan pendapatan tertinggi ketiga di negara asalnya sendiri atau lingkup domestik. Total pendapatan domestik Endgame telah mencapai USD723,4 juta. Dua film teratas adalah Star Wars: The Force Awakens (2015) dengan capaian USD936,6 juta dan Avatar (2009) dengan USD760 juta.

Baca juga: Nadya Hutagalung Serukan Pembangunan Ramah Lingkungan

Jika inflasi dihitung untuk lingkup domestik, Endgame sebetulnya berada di posisi ke-24 tertinggi. Judul-judul teratas, selain The Force Awakens dan Avatar, adalah film-film rilisan 1939 (Gone with the Wind) hingga 1999 (Star Wars: The Phantom Menace).
 
Sementara itu, film-film Amerika lain dalam jajaran box office akhir pekan terakhir adalah The Hustle, Capernaum, Long Shot, dan The Curse of La Llorona. (Medcom/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More