Bertens Juarai Madrid Terbuka

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Senin, 13 Mei 2019, 02:30 WIB Olahraga
Bertens Juarai Madrid Terbuka

AFP
Petenis Belanda, Kiki Bertens

FINALIS Madrid Terbuka tahun lalu, Kiki Bertens akhirnya menggapai gelar Madrid Terbuka 2019. Bahkan, dengan kemenangannya tersebut, petenis Belanda tersebut menorehkan sejarah dengan tanpa kehilangan satu set pun.

Di babak final turnamen lapangan tanah liat yang digelar di Caja Magica, Madrid, Spanyol, Sabtu (11/5) waktu setempat, Bertens membungkam petenis Rumania Simona Halep, pemegang dua gelar Madrid Terbuka, dengan straight-set 6-4 dan 6-4.

Untuk meraih gelar Madrid Terbuka perdananya, petenis berusia 27 tahun dari 'Negeri Kincir Angin' itu harus berjuang keras di set pertama. Bahkan, Bertens sempat tertinggal 2-4.

Namun, Bertens mampu bangkit dan membalikkan keadaan dan unggul 6-4. Jalannya set kedua pun tidak berbeda jauh. Akhirnya sang runner-up tahun lalu itu menggapai gelar Madrid Terbuka perdananya selama empat tahun mengikuti turnamen tersebut.

Untuk merebut gelar juara di Caja Magica, Madrid, dan mengalahkan Halep, Bertens yang menjadi unggulan ketujuh menyingkir sederetan petenis elite dan unggulan, yakni Katerina Siniakova, Jelena Ostapenko, Anastasija Sevastova, juara bertahan Petra Kvitova, dan runner-up Prancis Terbuka 2018 Sloane Stephens

Sementara itu, Halep melaju ke babak final juga menyingkirkan petenis nomor satu dunia Naomi Osaka dari Jepang.

"Saya merasa sangat bahagia. Saya rasa setiap kali merebut gelar juara, saya akan merasakan sesuatu yang luar biasa," ujar Bertens yang rang-kingnya tujuh besar dunia.

"Terkadang sangat emosional, kadang sangat bahagia dan terkadang seakan tak percaya. Tetapi saat ini saya tidak tahu pasti apa yang sangat rasakan. Yang pasti saya merasa sangat senang," ucap Bertens yang belum merasakan gelar grand slam.

"Saya kira saya bermain sangat solid hari ini. Awalnya memang saya membutuhkan waktu untuk menemukan permainan saya, tetapi saya rasa secara keseluruhan saya bermain sangat baik, sangat cerdas, dan saya hanya mencoba untuk bisa mendapatkan pukulan yang tepat," pungkas Bertens.

Dengan meraih gelar turnamen lapangan tanah liat Madrid Terbuka 20019, petenis nomor satu dari Belanda itu semakin memiliki kepercayaan diri untuk merebut gelar perdana turnamen grand slam lapangan tanah liat, Prancis Terbuka 2019, yang digelar di Stade Roland Garros, Paris, pada 26 Mei-9 Juni mendatang.

 

Djokovic bidik gelar ketiga

Di sisi lain, petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic membuka peluang untuk meraih gelar ketiga Madrid Terbuka. Pada babak semifinal Madrid Terbuka 2019, petenis asal Serbia itu mengalahkan petenis unggulan kelima Dominic Thiem asal Austria dengan skor 7-6 (7/2) dan 7-6 (7/4).

Di babak final, pemegang gelar grand slam 2016 itu berhadapan dengan petenis nomor sembilan dunia Stafanos Tsitsipas yang menyingkirkan petenis nomor dunia Rafael Nadal dari Spanyol di semifinal. Namun, hingga berita ini diturunkan pertandingan semalam antara Djokovic dan Tsitsipas belum diketahui hasilnya.

Sementara itu, Nadal, petenis yang dijuluki the King Clay, dan pemegang 11 gelar grand slam Prancis Terbuka perlu memperbaiki performanya jelang turnamen yang digelar di Roland Garros tersebut. Sebaliknya, Djokovic optimistis menghadapi Prancis Terbuka 2019. "Saya siap untuk tantangan tersebut dan Rafa (sapaan akrab Rafael Nadal) selalu menjadi tantangan berat di setiap turnamen lapangan tanah liat," ucap Djokovic. (AFP/Opn/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More