Sabtu 11 Mei 2019, 10:30 WIB

Jebol Gudang Senjata, Napi Bakar Rutan Siak

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Jebol Gudang Senjata, Napi Bakar Rutan Siak

ANTARA FOTO/Bayu Agustari Adha
Warga menyaksikan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Siak Sri Indrapura terbakar di Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (11/5/2019).

 

PENGANIAYAAN sipir kepada narapidana (napi) narkoba diduga menjadi pemicu kerusuhan yang disertai pembakaran sekaligus kaburnya sejumlah napi dan tahanan Rutan Kelas 2B Kabupaten Siak, Riau, sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (11/5).

Berdasarkan informasi, ratusan napi dan tahanan yang mengamuk diduga berhasil menjebol gudang senjata Rutan yang berisikan senapan. Mereka kemudian melakukan perlawanan dari dalam Rutan terhadap polisi dan personel TNI yang telah bersiaga di area luar.

"Banyak bunyi tembakan berulang kali dari dalam. Mobil pemadam kebakaran pun tidak bisa mendekat," kata warga Siak, Yandra.

Menurut Yandra, sebelum api berkobar besar, sejumlah warga sekitar menyaksikan sejumlah orang tanpa alas kaki berlarian panik dari dalam ke berbagai arah luar Rutan. Aparat polisi yang bersiaga di sekitar lokasi tampak berusaha mengejar mereka.

Baca juga: 134 Napi di Pidie Protes, Pemungutan Suara Tertunda 5 Jam

Kejadian kerusuhan dan pembakaran Rutan menjelang waktu sahur itu sontak mengundang perhatian warga sekitar Siak. Warga yang penasaran, berbondong-bondong datang ke lokasi. Namun aparat polisi dan TNI melarang masyarakat mendekat ke bangunan Rutan.

Dari informasi yang berkembang diduga terdapat korban dari pihak kepolisian yang hingga kini masih bertugas di lokasi. Namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi terkait korban maupun kejelasan jumlah napi yang berhasil tertangkap kembali.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More