Jumat 10 Mei 2019, 18:50 WIB

LRT Jakarta Beroperasi Setelah Proses Administratif Selesai

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
LRT Jakarta Beroperasi Setelah Proses Administratif Selesai

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pekerja menyelesaikan pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di ruas Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur,

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan angkutan massal lintas rel terpadu (LRT/light rail transit) akan beroperasi setelah proses aspek administrasi selesai dan disetujui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian berdasarkan hasil pemeriksaan standar prosedur pemeriksaan pengoperasian dan perawatan sarana.

"Jadi saat ini sedang menunggu hasil pertemuan antara dishub dengan Direktorat Jenderal Kereta Api terkait permintaan konfirmasi dari pihak Dishub, atas hasil pemeriksaan SOP, pengoperasian dan perawatan sarana yang telah disetujui oleh DJKI," kata Anies di Jakarta Selatan, Jumat (10/5).

Baca juga: Anies Pastikan Reformasi Aturan Pengelolaan Rumah Susun

Kereta lintas rel terpadu (LRT) Jakarta yang menyambungkan Kelapa Gading-Velodrome belum beroperasi, kata Anies, setelah itu Dishub rencananya akan mengeluarkan rekomendasi teknis sebagai syarat nanti dari PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk bisa mengeluarkan izin bagi LRT.

Oleh karena itu, PT LRT Jakarta juga perlu surat penugasan dari PT Jakpro terkait sarana dan prasarana. Selain itu, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) juga diperlukan untuk seluruh stasiun.

"IMB untuk seluruh stasiun yang saat ini sedang diurus. Kemudian izin pembangunan yang harus diajukan Jakpro kepada Gubernur, setelah terbitnya izin usaha prasarana dan IMB itu," sebutnya.

Anies menerangkan, surat perizinan administrasi itu untuk menghindari masalah apabila nantinya LRT Jakarta sudah beroperasi. Sehingga proses itu hanya menyisakan aspek-aspek adminstratif.

"Aspek-aspek administratif ini nampaknya kecil tapi punya konsekuensi kepada ketertiban kita, bila ada masalah. Bila di kemudian hari ditemukan hal yang tidak benar, bila administratif tidak benar muncul masalah gitu ya," terangnya.

Baca juga: Partisipasi Pemilih di Tiga Wilayah DKI Capai 80%

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap seluruh aspek administratif terkait LRT Jakarta bisa diselesaikan sebelum lebaran Idul Fitri 2019. Dengan demikian, LRT Jakarta bisa beroperasi segera mungkin.

"Mudah-mudahan bisa selesai cepat, sedang dalam pembicaraan, saya sih berharap sebelum lebaran sudah selesai," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More