Jumat 10 Mei 2019, 17:35 WIB

Go-Jek Kontribusi Rp1,5 Triliun ke Perekonomian Palembang

Dwi Apriani | Nusantara
Go-Jek Kontribusi Rp1,5 Triliun ke Perekonomian Palembang

Dwi Apriani
Wakil Kepala LD FEB UI Paksi CK Walandouw menjelaskan hasil riset mengenai kontribusi Go-Jek di Palembang, Jumat (10/5).

 

KEHADIRAN Go-Jek sangat besar berkontribusi untuk perekonomian Palembang, Sumatra Selatan, yakni mencapai Rp1,5 triliun pada 2018. Angka itu meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp287 miliar.

Wakil Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Paksi CK Walandouw mengatakan, kontribusi ini berasal dari tiga layanan Go-Jek yakni Go-Ride (layanan roda dua), Go-Car (layanan roda empat), dan Go-Food (layanan pesan antar makanan) yang beroperasi di Kota Palembang.

Baca juga: PT Astra Suntik Dana US$100 juta dalam Pendanaan Seri F Go-Jek

"Temuan riset ini untuk mengetahui seberapa besar penambahan yang terjadi dalam perekonomian di suatu kota, dampak dari hadirnya teknologi aplikasi Go-Jek," kata Paksi di Palembang, Jumat (10/5).

Ia menerangkan, Go-Jek berkontribusi secara nasional mencapai Rp44,2 triliun. Khusus di Palembang, kontribusi Rp1,5 triliun berasal dari mitra pengemudi Go-Ride Rp690 miliar, Go-Car Rp236 miliar, dan mitra UMKM Go-Food Rp601 miliar.

Baca juga: Perekonomian Indonesia yang Baik Dorong Gojek Jadi Decacorn

Jika merujuk hasil penelitian ini, kontribusi mitra Go-Jek pada 2018 telah naik hingga tujuh kali lipat dibandingkan sebelumnya karena dipengaruhi sejumlah faktor. Salah satunya yang paling berpengaruh yakni adanya optimalisasi fitur teknologi Go-Jek yang semakin gencar digunakan mitra UMKM Go-Food.

"Selama ini, mungkin banyak yang tidak tahu, ternyata ada jenis makanan tertentu di Palembang. Dan saat membuka aplikasi, makanan itu terlihat dan terjadi peningkatan," kata dia. (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawa

Cuaca Buruk,Tanaman Padi di 7 Desa Terancam Gagal Panen

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:43 WIB
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Nagekeo, NTT menyebabkan tanaman padi siap panen di tujuh desa...
MI/Kristiadi

Ratusan Kendaraan Masuk Jalur Gentong Dipaksa Putar Balik

👤Kristiadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:07 WIB
Tercatat ada 139 kendaraan roda empat dan roda dua yang diputarbalikkan di Jalur Gantong karena tidak memiliki surat izin masuk ke Jakarta...
itd.unair.ac.id

Tenaga Lab Terpapar Covid-19, LPT Unair Batasi Penerimaan Sampel

👤Henri Siagian 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:07 WIB
Suko mengatakan, penataan internal layanan tes dengan pembatasan penerimaan sampel atau spesimen hanya berlaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya