Rabu 08 Mei 2019, 20:15 WIB

Pendapatan Pengemudi Gojek Hampir Dua Kali Lipat Upah Minimum

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pendapatan Pengemudi Gojek Hampir Dua Kali Lipat Upah Minimum

antara
Ilustrasi pengemudi Gojek

 

LEMBAGA Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia telah menjalankan riset mengenai dampak sosial ekonomi aplikasi on-demand Gojek terhadap perekonomian Indonesia, termasuk di Kota Medan, Sumatra Utara.

Terdapat beberapa aspek penelitian dalam riset yang dilakukan mulai November 2018 sampai Januari 2019 ini. Salah satunya terkait dengan penghasilan mitra pengemudi dan mitra Go-Life.

"Secara umum, rata-rata penghasilan mitra pengemudi dan mitra Go-Life dalam penelitian ini di atas rata-rata UMK Medan," ungkap Turro S Wongkaren, Kepala Lembaga Demografi FEB UI, kepada pewarta di Medan, Rabu (8/5).

Dalam penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka ini diketahui bahwa rata-rata pendapatan mitra Go-Ride di Medan sebesar Rp3,8 juta.


Baca juga: Pemko Padang Boikot Film Kucumbu Tubuh Indahku


Angka itu 1,3 kali lebih tinggi dari Upah Minimum Kota (UMK) Medan. Bahkan, rata-rata pendapatan mitra Go-Car di Medan mencapai Rp5,3 juta atau 1,8 kali lipat lebih tinggi dari UMK Medan.

Sementara pendapatan mitra Go-Life di Medan berada di kisaran Rp3,6 juta atau lebih tinggi 1,2 kali lipat dari UMK Medan.

Riset dampak Gojek di Medan merupakan bagian dari penelitian LD FEB UI berskala nasional di 9 wilayah di Indonesia. Penentuan responden dilakukan dengan sample random sampling dari database mitra yang aktif dalam tiga bulan terakhir.

Adapun para responden di Medan terdiri atas mitra Go-Ride sebanyak 385 responden, mitra Go-Car 50 responden, mitra Go-Food 100 responden dan mitra Go-Life 80 responden. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Humas Gugus Tugas: Warga Tolak Makamkan Jasad Perawat Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 10 April 2020, 17:37 WIB
"Tapi ketika akan pelaksanaan, tiba-tiba ada sekelompok orang di situ,"...
MI/Susanto

Gubernur Sumatra Barat Ajukan PSBB

👤Yose Hendra 🕔Jumat 10 April 2020, 16:36 WIB
Irwan mengatakan, perkiraan puncak penyebaran virus korona di Sumbar terjadi di...
Antara

Uskup Manado Berikan Penguatan untuk Umat saat Jumat Agung

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 16:36 WIB
Tuhan akan membalikkan tragedi kesengsaraan, karena itu sudah dimulai oleh Yesus sendiri, dan ditunjukkannya pada kebangkitannya nanti pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya