Senin 06 Mei 2019, 21:00 WIB

Raja Sapta Oktohari Raih Gelar Promotor Tinju Terbaik di Asia

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Raja Sapta Oktohari Raih Gelar Promotor Tinju Terbaik di Asia

MI/Vicky Gustiawan
Raja Sapta Oktohari

KABAR gembira hadir dari anak bangsa, Raja Sapta Oktohari didapuk sebagai promotor terbaik di Asia. Gelar tersebut diberikan WBC Asia atas kesuksesannya membangun tinju bersama Mahkota Promotion selama 2018.

Kabar tersebut disampaikan melalui surat elektronik yang dikirim pada 26 April lalu. Dalam surat yang ditandatangani Gen Kovid Bhakdibhumi, WBC Muaythai Chairman.

"WBC Asian Boxing Council mengundang Anda untuk menerima penghargaan "Honorary Promoter of the Year 2018" di acara Annual Award Presentation 201,  yang berlangsung 22 Mei 2019 di Bangkok, Thailand," tulis Bhakdibhumi dalam surat tersebut.

Okto, panggilan karib Raja Sapta Oktohari, yang saat itu tengah berada di Uzbekistan, mengaku terkejut dengan adanya surat undangan tersebut.

"Saya tidak menyangka mendapat penghargaan tersebut apalagi surat dikirimkan saat saya masih berada di Uzbekistan. Alhamdullilah, bulan ramadhan dapat penghargaan mungkin ini rejeki saya," kata Oktohari.

Baca juga : Kalahkan Jacobs, Alvarez Satukan Gelar Kelas Menengah Dunia

Baginya, penghargaan sebagai promotor terbaik di Asia bukan kali ini saja. Anak kedua dari empat bersaudara ini juga pernah dinobatkan sebagai promotor tinju dunia termuda oleh World Boxing Association.

"Awal saya sebagai promotor petinju karena ingin mendukung tinju dan tak banyak yang mengerjakan. Saya sebagai pengusaha melihat peluang itu dan terbukti berhasil. Saat saya masuk banyak mendapat apresiasi karena pengalaman orang terhadap tinju juga sangat minim. Sebelum saya masuk, ada Boy Bolang dan Aseng yang lebih dulu memulai dan dalam prosesnya saya masuk ke dunia promotor internasional dan berjalan lancar," ucap Okto.

Okto yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia ini berharap dengan adanya penghargaan ini, seluruh promotor Indonesia bisa saling bekerja sama memajukan olahraga beladiri tersebut.

"Sekarang ini banyak petinju-petinju baru dan promotor-promotor yang bagus. Nah, semuanya harus kerjasama karena tinju ini harus dihidupkan," kata dia. '

Dengan banyaknya promotor, Oktohari menegaskan, tak perlu lagi ada kompetisi antarpromotor. Yang dibutuhkan adalah kerja sama untuk menghidupkan dunia tinju indonesia dan kembali membangkitkan animo masyarakat terhadap olahraga tinju.

"Nah ini tantangan buat kami, khususnya promotor sehingga tinju itu bisa menarik dan bisa diterima kalangan orang banyak. Dulu punya pengalaman bagaimana kita mengemas tinju dengan prndekatan berbeda sehingga ibu-ibu dan anak-anak bisa melihat bahwa tinju bukan sebagai olahraga kekerasan tapi olahraga beladiri yang menjunjung sportifitas yang positif buat anak-anak itu," tandas Okto. (RO/OL-8)

Baca Juga

Aantara

Kemenpora dan PSSI Berbagi Tugas Sukseskan Piala Dunia 2021

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:38 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan berbagi tugas dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menyukseskan...
Antara

Turnamen PBSI, Praveen/Melati Juara Ganda Campuran

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:49 WIB
Praveen/Melati menghentikan perlawanan Akbar/Winny dengan skor 21-9 dan 21-17. Pasangan itu mengaku tidak memiliki beban saat...
AFP/Charles Coates

Sebastian Vettel Terkejut, Ferrari Enggan Memperpanjang Kontrak

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:47 WIB
Dan Renault saat ini tidak dalam posisi untuk menantang tiga tim teratas untuk kemenangan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya