Senin 06 Mei 2019, 08:35 WIB

PM Inggris Theresa May Selamati Presiden Jokowi

Yan/Pol/Ant/A-2 | Politik dan Hukum
PM Inggris Theresa May Selamati Presiden Jokowi

Andy Buchanan / AFP
PM Inggris Theresa May

 

KEBERHASILAN penyelenggaraan pemilihan presiden, legislatif tingkat pusat dan daerah, hingga DPD di Indonesia mendapatkan apresiasi dari pemerintah Inggris. Melalui sambungan telepon, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo.

"Perdana Menteri berbicara kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo, hari ini untuk memberi selamat kepadanya atas keberhasilan pemilihan presiden, legislatif dan regional simultan pertama di Indonesia. Presiden menyambut dukungan Inggris untuk proses demokrasi Indonesia," kata seorang juru bicara pemerintah Inggris melalui laman daring www.gov.uk, Sabtu (4/5).

Hubungan percakapan melalui telepon itu sekaligus untuk menandai 70 tahun hubungan bilateral Inggris-Indonesia tahun ini. "Perdana Menteri mengatakan dia menantikan perayaan di London dan Jakarta," imbuh juru bicara itu.

Dalam pembicaraan lewat telepon itu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri May sepakat tentang pentingnya hubungan antara Inggris dan Indonesia dan berupaya untuk lebih memperkuat hubungan bilateral, khususnya dalam bidang perdagangan. "Keduanya berjanji untuk bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan krisis Rohingya," ungkap jubir.

Sekretariat Kabinet RI mengungkapkan bahwa PM Inggris Theresa May menelepon Presiden Jokowi pada Sabtu (4/5), sekitar pukul 19.00 WIB, dan diterima Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih, juga menjelaskan pemilu pada 17 April 2019 berjalan damai, adil, dan transparan. "Presiden berterima kasih atas dukungan pemerintah Kerajaan Inggris dalam proses pelaksanaan pemilu bagi WNI di London," imbuh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Hasil penghitungan suara sementara, per 18 April, di tiga TPS dan pos yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) London pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 2.966 suara (73,82%), sedangkan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 942 suara (23/14%). Rekapitulasi penghitungan suara pemilu luar negeri masih berlangsung di KPU RI. (Yan/Pol/Ant/A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More