Jumat 03 Mei 2019, 06:20 WIB

Stok dan Harga Bahan Pokok Terkendali

Eva Pardiana pardiana@mediaindonesia.com | Nusantara
 Stok dan Harga Bahan Pokok Terkendali

Dwi Apriani
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman dan Harga Stabil:

 

SAAT menjelang Ramadan, Kementerian Perdagangan bersama Pemprov Lampung memastikan harga komoditas pangan di Lampung cenderung stabil dengan ketersediaan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebelum, saat, dan setelah Ramadan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan, Kasan, saat sidak di Pasar Pasirgintung, Bandar Lampung, kemarin. "Sudah dicek, umumnya stabil, kecuali bawang putih yang harganya sempat melonjak karena permintaan naik. Namun, per hari ini pasokan sudah masuk dan harga akan normal. Diperkirakan pertengahan Mei harga bawang putih kembali normal," ujarnya.

Kenaikan permintaan juga terjadi pada daging sapi hingga hingga 3 kali lipat. Namun, hal itu juga telah diantisipasi pedagang dengan menambah pasokan sehingga masyarakat diminta tidak khawatir. "Memang mau puasa biasanya fenomenanya masyarakat belanja lebih. Pesan saya, belanjalah sesuai kebutuhan jangan sesuai keinginan," kata Kasan.

Untuk memastikan kondisi harga dan stok barang kebutuhan pokok aman, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indrasari Wisnu Wardhana kemarin juga memantau langsung ke pasar rakyat dan menghadiri rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan di DI Yogyakarta.

"Pemantauan langsung ke lapangan ini sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut dan berdampak positif terhadap pengendalian harga, terutama menjelang hari besar keagamaan. Pemantauan langsung juga dilakukan agar bila terjadi gejolak harga, pemerintah dapat segera mengambil tindakan," ujar Wisnu.

Rakor di Yogyakarta merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sebagai tindak lanjut arahan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada Rakornas HBKN di Bandung pada 20 Maret 2019. Dalam Rakornas itu, Mendag menjelaskan salah satu mandat Presiden ialah menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri.

Pasar murah

Sejumlah pemerintahan kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan, kemarin, mengatakan kesiapannya untuk menggelar pasar murah pada saat Ramadan mendatang. Selain itu, tim pengendali inflasi daerah (TPID) juga terus memantau ketersediaan kebutuhan pokok agar tidak menimbulkan gejolak harga.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto Agus Chusaini mengatakan, untuk mengantisipasi bulan Ramadan, setiap TPID di empat kabupaten, yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap telah bergerak ke pasar untuk memantau ketersediaan kebutuhan pokok dan harga.

Bahkan beberapa pemkab juga telah menjadwalkan adanya pasar murah selama Ramadan. "Ada yang mengagendakan pasar murah pada awal, pertengahan, hingga akhir bulan Ramadan. Setiap pemkab telah menyiapkan paket sembako dalam pasar murah. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya untuk stabilisasi harga," ujarnya. Khusus untuk bawang putih, pemkab bekerja sama dengan Kemendag menggelar operasi pasar bawang putih, seperti yang telah dilaksanakan di sejumlah pasar di Cilacap.

Kenaikan harga kebutuhan pokok di Provinsi Aceh ternyata juga tejadi pada ikan segar. Tidak diketahui apakah itu permainan para pengusaha penampung ikan segar atau karena hasil tangkapan nelayan berkurang selama ini. Di Kabupaten Pidie, harga ikan tongkol dari pekan lalu Rp25.000/kg naik menjadi Rp35.000/kg.(Tim Media/N-1)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Dharma Wanita Kabupaten Maybrat Bagikan 346 Sembako di 24 Distrik

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 16:44 WIB
Ketua Dharma Wanita Maybrat, Irene Saa, ST, MSi, mengatakan pelaksanaan kunker kali ini merupakan progam kerja rutin Dharma Wanita...
MI/Bagus Suryo

Malang Berstatus Zona Merah, Warga Masih Suka Nongkrong

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 15:55 WIB
Petugas gabungan langsung membubarkan warga yang masih nongkrong sampai larut malam. Dalam operasi tersebut, 134 orang diminta...
MI/Rudi Kurniawansyah

Riau Masuk 8 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 14:30 WIB
Provinsi Riau masuk pada 8 dari 20 nominasi dalam ajang Anugerah Pesona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya