Kamis 02 Mei 2019, 16:30 WIB

Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 Siap Digelar

Despian Nurhidayat | Olahraga
Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 Siap Digelar

MI/: Furqon Ulya Himawan
KUDUS GELAR LARI MARATHON BERKELAS INTERNASIONAL

PENYELENGGARA ajang sport tourism, Tiket.com, segera menggelar Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 (TKRM 2019). Hal ini menyusul suksesnya Kudus Relay Marathon 2018 yang memiliki jarak tempuh 42,195 kilometer. Acara yang terinspirasi dari Ekiden, yang populer di Jepang, direncanakan bergulir pada 25 Agustus 2019 di Kudus, Jawa Tengah.

Di Negeri Sakura, Ekiden merupakan lomba lari estafet beregu yang berisi empat peserta dan selalu diikuti oleh ribuan masyarakat setiap tahunnya. Ekiden yang paling terkenal ialah Hakone Ekiden yang diselenggarakan sejak tahun 1920 dengan menempuh jarak 217,9 km dalam dua hari.

Terinspirasi dari Ekiden, Tiket.com pun menerapkan lima kategori di tahun ini. Kategori tersebut antara lain Relay Marathon (Ekiden) dengan jarak tempuh 42,195 km untuk satu grup yangg berisikan empat peserta. Kemudian, Half Marathon dengan jarak tempuh 21,2 km, 10K, 5K, dan Kids Fun Run.

Race Director TKRM 2019, Didit D&Dsport Managemen, menjelaskan rute lomba akan menyusuri jalan-jalan utama kota Kudus dengan melewati beberapa ikon seperti Sculpture Super Smash, Monumen Kretek Indonesia, dan Gerbang Kudus Kota Kretek.

"Untuk lokasi start dan finish akan berada di Alun-Alun Simpang Tujuh. Peserta kategori Relay Marathon sendri harus berisikan campuran antara laki-laki dan perempuan dengan batasan minimal 15 tahun," ungkapnya.

Baca juga: Pelari Asing Ikut Jogja Marathon

Berkaca dari kesuksesan TKRM 2018, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, optimistis dengan TKRM 2019. Dia merasa acara ini akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat dan penggemar olahraga lari.

"Diselenggarakannya kembali TKRM pada tahun ini tidak terlepas dari animo masyarakat yang begitu besar di event tahun lalu. Tidak hanya jumlah peserta yang melebihi target, sambutan hangat dan partisipasi masyarakat Kudus juga luar biasa. Maka dari itu, melalui TKRM tahun ini, kami ingin kembali mengajak masyarakat khususnya penggemar lari untuk memajukan sport tourism yang semakin berkembang di Kudus," ungkap Gaery dalam acara jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Target jumlah peserta pada tahun ini pun bertambah. Pada awalnya sejumlah 5.500 peserta, kini menjadi 6.000 peserta. Selain itu, penyelenggaraan lomba lari Kudus ini tidak terlepas dari keunikan Kota Kretek yang memiliki kemajemukan budaya, religi, sejarah, hingga kuliner.

Konsep sport tourism dianggap sangat tepat untuk diimplementasikan di Kudus dengan berbagai keunikannya. Tahun lalu, lanjut Gaery, pihaknya melibatkan 20 UMKM lokal Kudus untuk memeriahkan acara. Sedangkan tahun ini, jumlahnya dipastikan akan meningkat menjadi 40 UMKM.

Selain itu, TKRM ini pun akan diikuti oleh mantan atlet nasional Indonesia yang pernah meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Liliyana Natsir. Perempuan yang biasa disapa Butet ini mengaku sangat antusias dengan TKRM tahun ini.

"Saya antusias untuk ikut memeriahkan TKRM. Saya merasa Kudus merupakan bagian kota saya, karena PB Djarum tempat saya berlatih, berasal dari sana. Saya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sambil berolahraga, juga mendukung perkembangan sport tourism di Kudus," pungkas Butet.

Butet pun berencana untuk ikut lari pada kategori Fun Run, dikarenakan ia merasa tidak cukup kuat untuk mengikuti Relay Marathon. Dia pun membagikan beberapa persiapan untuk mengikuti acara ini, yakni memperkuat kaki, pernafasan, serta niat.

TKRM tahun ini memiliki total hadiah yang cukup menggiurkan yakni Rp189 juta. Tidak hanya itu, TKRMpun menjanjikan hadiah spesial bagi peserta Relay Marthon yang mampu finis dengan catatan waktu cut off time tiap pelari 55 menit atau total 220 menit, perhitungan gun time, akan diberangkatkan menuju Singapura untuk mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019.

Tiket.com pun memberikan promo eksklusif dalam rangka TKRM 2019, yaitu flash sale 50% dalam 24 jam pertama setelah pembukaan yang dilaksanakan pada 2 Mei 2019 pukul 15.00 WIB hingga 3 Mei 2019 pukul 23.59 WIB.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More