Kamis 02 Mei 2019, 14:00 WIB

Indonesia Diminta Agendakan Sidang Darurat Soal Venezuela

Antara | Internasional
Indonesia Diminta Agendakan Sidang Darurat Soal Venezuela

AFP/Don EMMERT
Menlu Retno Marsudi berbicara di DK PBB

 

INDONESIA, yang bulan ini menjadi Presiden Dewan Keamanan (DK) PBB, perlu segera mengagendakan sidang darurat untuk membahas kejadian di Venezuela.  

"Apa yang terjadi di Venezuela perlu dibahas dalam agenda DK PBB karena dapat mengancam perdamaian internasional," kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana dalam keterangan, Kamis (2/5).    

Hal ini, lanjut dia, karena ada kemungkinan peran dari negara lain ataupun unsur yang di dalamnya yang terlibat dalam kudeta gagal di Venezuela.    

Ia mengatakan berbagai kepala pemerintahan telah menyuarakan apa yang terjadi di Venezuela.    

Baca juga: Kerusuhan Warnai Demo Kudeta terhadap Maduro

"Agar tidak menjadi ketegangan baru bagi keamanan internasional, wajar bila Indonesia meminta anggota DK PBB untuk membahas apa yang terjadi di Venezuela," ujar Hikmahanto.    

Sebagai anggota terpilih DK PBB, Indonesia memegang jabatan Presiden DK PBB pada Mei tahun ini, setelah jabatan tersebut dipegang Jerman sepanjang April 2019.    

Setiap anggota DK PBB berdasarkan urutan alfabet diberikan kesempatan untuk menjabat dan memimpin persidangan DK PBB selama satu bulan. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More