Kamis 02 Mei 2019, 09:15 WIB

Parlemen Inggris, Pertama di Dunia Nyatakan Darurat Iklim

Basuki Eka Purnama | Internasional
Parlemen Inggris, Pertama di Dunia Nyatakan Darurat Iklim

AFP/JESSICA TAYLOR/UK PARLIAMENT
Parlemen Inggris

 

PARTAI oposisi Inggris, Partai Buruh, Rabu (1/5), menyerukan adanya langkah kongkret setelah parlemen 'Negeri Ratu Elizabeth' itu menjadi yang pertama di dunia menyatakan darurat iklim.

"Berkat desakan dari Partai Buruh, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyatakan darurat lingkungan dan darurat iklim," cicit Partai Buruh.

"Kini, tiba saatnya untuk mengambil langkah kongkret untuk mengatasi perubahan iklim," imbuh partai itu.

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn mengatakan dirinya berharap hasil voting itu akan memicu gelombang aksi dari parlemen dan pemerintah di seluruh dunia.

Baca juga: Rencana Kunjungan Trump Diwarnai Protes di Inggris

Dia berharap langkah yang diambil parlemen Inggris akan meningkatkan tekanan terhadap pemerintah untuk mengambil aksi untuk mencegah naiknya suhu dunia sebesar lebih dari 1,5 derajat Celcius dan memastikan emisi global dipangkas menjadi setengah dari tingkat di 2010 pada 2030.

Voting di parlemen Inggris itu dilakukan setelah demonstrasi selama 11 hari yang dilakukan kelompok aktivis lingkungan Extinction Rebellion yang menyebabkan London lumpuh.

Extinction Rebellion menyebut voting itu sebagai langkah pertama bagi pemerintah untuk mengungkapkan kebenaran mengenai darurat iklim dan ekologi, (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More