Jumat 03 Mei 2019, 08:00 WIB

Menjaga Fasilitas Transportasi Publik

Haufan Hasyim Salengke | Advertorial
Menjaga Fasilitas Transportasi Publik

Metro TV
Provocative Mindset

SETELAH 73 tahun Indonesia merdeka, bangsa ini akhirnya memiliki transportasi massal moda raya terpadu atau mass rapid transportation (MRT). Selain semakin melengkapi sistem transportasi publik di Jakarta, MRT menjadi alternatif untuk masyarakat dan menjadi bagian solusi kemacetan Ibu Kota.

Sayangnya, kehadiran MRT diikuti sejumlah insiden berupa perilaku tidak terpuji segelintir orang yang merusak kenyamanan fasilitas publik. Misalnya aksi merusak, vandalisme, membuang sampah serta meludah sembarangan di fasilitas publik. Para pelakunya justru tidak ikut menyumbang dalam pembuatan MRT, yang merupakan fasilitas negara.

Berkait perilaku tidak terpuji ini, warga berharap petugas mesti tegas mendidik para pengguna transportasi umum. Pasalnya, mereka bukan tidak tahu aturan-aturan umum yang berlaku tapi cenderung tidak peduli kenyamanan lingkungan sekitar. Langkah mendidik masyarakat perlu melibatkan hukuman (punishment). Manusia bisa dilatih untuk berperilaku tertib dan menjaga fasilitas publik atau aset negara.

Baca juga: Berbeda Pendapat dan Pilihan Lumrah

Untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik di mulai dari kualitas manusianya yang baik. Kualitas manusia yang baik tentunya yang mengerti, mengikuti aturan, dan mau diatur. (S2-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More