Kamis 02 Mei 2019, 08:00 WIB

Menciptakan Lapangan Pekerjaan Tugas Bersama

Haufan Hasyim Salengke | Advertorial
Menciptakan Lapangan Pekerjaan Tugas Bersama

Metro TV
Provocative Mindset

BARU-baru ini beredar video di media sosial tentang seorang pria sedang di acara wisuda membuat vlog complaint. Dia bilang, "Bapak Presiden kami ribuan mahasiswa lulus hari ini, di mana lapangan pekerjaannya? Masak kami lulus untuk menganggur?"

Sebenarnya, siapa yang bertanggung jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan? Ada yang menyatakan pemerintah harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran karena mereka digaji rakyat untuk menghadirkan kesejahteraan.

Jika kita mau realistis, hanya presiden yang superhebat yang mampu memenuhi tuntutan ini. Sederhananya, pemerintah hanya berkuasa atas aparatur sipil negara (ANS) dan BUMN/BUMD. Bagaimana mungkin jutaan, atau mungkin belasan juta pengangguran bisa diserap dalam jajaran ANS dan BUMN/BUMD. Tidak mungkin semua pengangguran dijadikan ASN.

Baca juga: Menjauhi Perundungan, Meningkatkan Kepekaan Sosial

Menciptakan lapangan pekerjaan merupakan tugas bersama. Jadi, jika pemerintah tak mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru, masyarakat juga harus membantunya, bahu-membahu memberikan solusi untuk menghadirkan kesejahteraan bangsa ini. Salah satu caranya ialah dengan terus meningkatkan skill dan keterampilan masing-masing supaya bisa menciptakan pekerjaan bagi orang banyak. (S2-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More