Rabu 01 Mei 2019, 17:15 WIB

May Day di Makassar Diisi Jalan Santai Hingga Tutup Jalan

Lina Herlina | Nusantara
May Day di Makassar Diisi Jalan Santai Hingga Tutup Jalan

MI/Lina Herlina
May Day di Makassar

 

RAGAM aksi mewarnai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day oleh uruh di Kota Makassar. Meski secara garis besar, tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Sejak pagi, unjuk rasa memperingati May Day sudah berlangsung. Dimulai dengan konvoi kendaraan sejumlah serikat pekerja di simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin dan berakhir di bawah jalan layang Makassar, Rabu (1/5).

Titik aksi hari buruh terjadi di jalan layang Kantor Gubernur Sulsel, Simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin, pertigaan Jalan Sultan Alauddin dan Lapangan Karebosi, Makassar.

Di bawah jalan layang Makassar, bendera dan spanduk-spanduk berisikan aspirasi para peserta aksi terus dibentangkan. Orasi pun dilakukan secara bergantian dengan menggunakan atap mobil sebagai panggung orasi.

Baca juga: Peringati May Day, TNI-Polri Vs Wartawan Lomba Tarik Tambang

Sekretaris Jenderal Konferedasi Serikat Nusantara (KSN) Ruhiyat yang menyebutkan berbagai tuntutannya, seperti melawan perbudakan modern, memperkuat persatuan rakyat dan hentikan politik upah murah.

"Undang-undang perburuhan yang ada sekarang, masih sangat mengebiri  hak-hak pekerja atau buruh. Jauh dari memberi penghidupan yang layak, masih tetap memiskinkan kaum buruh," teriak Ruhiyat sambil membacakan sembilan tuntutannya.

Sebelumnya, sekitar pukul 07.00 Wita digelar gerak jalan santai di Lapangan Karebosi yang dihadiri sekitar 5.000 buruh dengan tema Together We Grow dengan Semangat Hari Buruh Mengajak Membangun Sinergitas Pengusaha, Pemerintah, Pekerja dalam Meningkatkan Produkvitas dan Investasi di Era Industri 4.0.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Seluruh kegiatan May Day di Makassar dijaga sekitar 1.515 personel dari Polrestabes Makassar dibantu Brimob dan satuan sabhara Polda Sulsel.(OL-5)

 

Baca Juga

Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...
MI/Furqon Ulya Himawan

PAD Yogyakarta Diprediksi Turun 50% Akibat Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Senin 06 April 2020, 08:02 WIB
"Pajak hotel, pajak restoran, maupun retribusi lainnya akan mengalami penurunan yang cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya