Rabu 01 Mei 2019, 15:20 WIB

Peningkatan Kualitas Pekerja Harus Disuarakan pada Hari Buruh

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Peningkatan Kualitas Pekerja Harus Disuarakan pada Hari Buruh

Antara/Muhammad Adimaja
Elemen buruh melakukan aksi dalam peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta, rabu (1/5)

 

MEMPERINGATI Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei, berbagai tuntutan selalu disuarakan oleh para pekerja di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Berbagai masalah, seperti kenaikan upah minimum provinsi (UMP), perlindungan sosial yang belum merata hingga sistem kerja outsourcing menjadi hal-hal yang rutin terdengar.

Namun masih ada satu hal yang seringkali dilupakan, yaitu mengenai kewajiban pemberi kerja untuk meningkatkan kualitas para pekerja. Maka dari itu, hal tersebut seharusnya menjadi isu yang disuarakan.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Mercyta Jorsvinna Glorya mengatakan, untuk tetap bisa mengikuti perkembangan dunia industri, para pekerja harus meningkatkan keahlian mereka, baik melalui pelatihan, kursus dan juga sertifikasi.

Baca juga : KSPI: Tudingan Aksi May Day Berpotensi Rusuh adalah Hoaks

"Jadi tenaga kerja harus menuntut hal itu. Minta para pelaku industri untuk membantu meningkatkan kemampuan para pekerja. Hasilnya memang tidak akan terluhat dalam waktu singkat. Namun dalam jangka panjang, mereka akan menjadi pekerja yang andal di bidang masing-masing dan itu sebuah investasi yang besar," ujar Mercyta melalui keterangan resmi, Rabu (1/4).

Perusahaan-perusahaan pun, lanjutnya, harus memiliki alokasi anggaran khusus untuk pengembangan sumber daya manusia.

"Penguasaan teknologi dan bahasa asing menjadi hal-hal yang sudah harus diperhatikan. Untuk itu, kemampuan berkomunikasi, terlebih dalam bahasa asing, menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh para pekerja Indonesia," tuturnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Kementan

Stok Kebutuhan Pokok Aman Kementan Awasi Distribusi

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 April 2020, 09:30 WIB
KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) memastikan sebelas bahan pokok untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran 2020 dalam kondisi aman dan...
MI/Bary Fathahilah

AXA Mandiri Beri Tanggungan Tenaga Medis Hingga Rp 1 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 April 2020, 09:26 WIB
Mengingat, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam...
Antara/Sigid Kurniawan

Mandiri Berencana Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

👤M Ilham Ramadhan 🕔Senin 06 April 2020, 09:10 WIB
Perseroan telah menunjuk 5 perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya