Rabu 01 Mei 2019, 13:20 WIB

Pemprov Jabar Gagas May Day is a Creative Day

Eriez M Rizal | Nusantara
Pemprov Jabar Gagas May Day is a Creative Day

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah buruh mengikuti gerak jalan dalam menyambut Hari Buruh Internasional di Stadion Pakansari,Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019).

 

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menggelar Demo Creation Of Labour (DCL) di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/5), sebagai bentuk peringatan hari buruh atau May Day 2019. Acara ini merupakan cara kreatif Pemerintah Provinsi untuk menyalurkan hasrat berunjuk rasa para buruh, dan diikuti sekitar 1.500 buruh.

"Selama ini stigma May Day selalu negatif karena identik dengan demo buruh. Kami merancang sebuah ajang kolaborasi antara pengusaha, pekerja dan pemerintah guna menyalurkan semangat peringatan Hari Buruh kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Ade Afriandi.

Menurut Ade, perayaan yang bertema May Day is a Creative Day, Together We Grow ini merupakan konsep kegiatan perayaan bersama yang berkelanjutan dan dikemas secara bersama dari pekerja, oleh pekerja dan untuk pekerja.

Baca juga: Mayday, Pemprov Jateng Dorong Sehari Buruh Jadi Raja

Tujuannya, untuk mewujudhkan buruh juara, migran juara, milenial juara dan penguasaha juara sehingga mampu mencapai Jabar juara lahir bati. Ade menyebut, DCL dibagi dalam empat kuadran aktivitas, yaitu kuadran I demo plus kratie, peserta bisa menyampaikan aspirasi mereka dengan lomba orasi. Kuadran II demo plus art, buruh bisa menampilkan bakat seni atau apapun yang dimiliki. Kemudian, kuadran III demo plus culinary, menampilkan hasil pelatihan kuliner yang diikuti keluarga pekerja. Sementara kuadran IV demo plus solution, yakni ngobrol bareng mengenai solusi permasalahan ketenagakerjaan yang selama ini ada.

"SP/SB di Jawa Barat sebanyak 31 serikat dan mereka sudah siap mengirimkan perwakilannya pada acara ini," tutur Ade.

Demo Creation Of Labour (DCL) merupakan model penyelenggaraan May Day yang akan digelar setiap tahun dan didesentralisasikan ke setiap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawasan Ketenagakerjaan di Jawa Barat.

Diharapkan acara ini dapat menjalin komunikasi aktif antara para stakeholder ketenagakerjaan dalam mendorong suasana kerja yang harmonis, dinamis dan berkeadilan, serta terciptanya kondisi yang kondusif di Jawa Barat.(OL-5)

 

Baca Juga

Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...
MI/Furqon Ulya Himawan

PAD Yogyakarta Diprediksi Turun 50% Akibat Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Senin 06 April 2020, 08:02 WIB
"Pajak hotel, pajak restoran, maupun retribusi lainnya akan mengalami penurunan yang cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya