Rabu 01 Mei 2019, 13:05 WIB

Malam Penyihir untuk Rayakan May Day di Jerman

Tosiani | Weekend
Malam Penyihir untuk Rayakan May Day di Jerman

Sabbats and Sabbaths
Malam penyihir di Jerman.

PERAYAAN May Day di Jerman bukan melulu dengan aksi para buruh. Bahkan tradisi 1 Mei di negara ini bisa sangat seru dan romantis. Berikut diantaranya yang dikutip dari thelocal.de.

 

1. Memasang (dan mencuri) 'pohon May'

Tradisi ini mirip tiang utama tradisi Anglo, Maibaum Jerman dengan mendirikan pohon May sehari sebelum 1 Mei atau tepat 1 Mei. Penduduk di Bavaria, Frisia Timur di Lower Saxony, Baden-Württemberg selalu merayakan tradisi ini. Yakni dengan menghiasi pohon atau tiang dengan pita warna warni, dan bunga.

Di sekitar pohon hias itu digelar pameran kerajinan, parade, musik, dan acara makan sosis. Serta dengan minum bir mailbock bersama. Para penduduk harus menjagai pohon itu karena penduduk dari kota lain bisa saja mencurinya. Jika sebuah pohon May ini dicuri, maka penduduk dari kota tempat pohon may yang dicuri itu harus menyiapkan tebusan, bisa berupa bir atau makanan.

Tahun 2004, pencuri menggunakan helikopter untuk mencuri pohon may yang ditempatkan di puncak gunung tertinggi Jerman Zugspitze. Di daerah lain ada yang beradu cepat memanjat pohon itu.

 

2. Menari hingga Mei tiba

Ada pula tradisi Tanz di den Mai, atau menari hingga Mei. Yakni menari tanpa henti dari 30 April hingga 1 Mei. Bahkan kegiatan menari itu terus berlangsung meski jari kaki sudah sakit. Tradisi itu menular hingga ke luar kota. Bahkan klub-klub besar di kota besar juga merencanakan tradisi menari ini.

 

3. Berpesta dengan penyihir

Tradisi unik May Day lainnya adalah Walpurgisnacht atau Hexennacht (Malam Penyihir). Ini berdasarkan cerita rakyat Jerman yang meyakini para penyihir akan bertemu di puncak Brocken di pegunungan Harz untuk bersenang-senang dengan Iblis. Karenanya, tiap 1 Mei wanita di daerah Harz (dan sekitarnya) akan berdandan dan menari di puncak gunung.

4. Melompati api

Cara lain lain merayakan 1 Mei adalah dengan menyalakan api unggun, atau Maifeuer, dan melompati api itu. Di beberapa daerah ini tidak selalu terhubung dengan penyihir magis. Di wilayah Brandenburg, penduduknya menyalakan tongkat kayu dari penyihir yang terbakar untuk menangkal pelaku kejahatan.

 

5. Protes dengan berpesta

Tradisi yang lebih modern adalah menggunakan Hari Buruh Internasional sebagai cara untuk mempromosikan hak-hak buruh dan memprotes ketidakadilan. Lingkungan Kreuzberg di Berlin menjadi sarang bagi demonstrasi semacam itu pada tahun 1987. Tapi sekarang ada acara alternatif di Kreuzberg dengan menggelar pesta jalanan yang besar, dengan pertunjukan musik, pesta dansa di Taman Görlitzer dan minum-minum tanpa henti.

 

6. Mengungkapkan cinta rahasia

Ada pula salah satu daerah di Jerman yang menjadikan 1 Mei sebagai tradisi untuk mengungkapkan cinta yang terpendam. Tradisi Maistrich (garis Mei) melakukannya dengan menggambar garis kapur antara rumah kedua kekasih, atau menuliskan dua nama pasangan.

Cara lain yakni pria muda pergi ke hutan, menebang pohon muda dan meletakkannya di luar rumah gadis yang tengah ditaksirnya. Biasanya disertai dekorasi dan diberi namanya di atasnya. (M-1)

Baca Juga

Photo by Steven Ferdman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Lebih banyak Orang di Rumah, Layanan Musik Streaming Malah Turun

👤Fathurrozak 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:33 WIB
Hal ini antara lain karena orang lebih terfokus pada pemberitaan di televisi dan bekerja di...
DOK. INSTAGRAM/BRIANIMANUEL

RICH BRIAN Buat Klip Video Siasati Bosan

👤(Ant/H-3) 🕔Minggu 29 Maret 2020, 04:30 WIB
RAPPER Rich Brian, 20, mengaku bosan berdiam diri di rumah di tengah karantina mandiri untuk mencegah penularan...
MI/PANCA SYURKANI

Arifin Putra Ajak Terapkan Gaya Hidup Hijau

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 29 Maret 2020, 04:00 WIB
Diakuinya, mendekatkan diri dengan alam membuat hidupnya lebih seimbang. Ia berbagi rasa itu saat peringatan Earth Hour 2020 tadi malam di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya