Rabu 01 Mei 2019, 12:10 WIB

AJI Turut Ramaikan Hari Buruh

M Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
AJI Turut Ramaikan Hari Buruh

MI/Iqbal Al Machmudi
AJI di aksi hari buruh

 

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Indonesia turut meramaikan aksi hari buruh di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat. Sama halnya dengan aliansi lain, AJI menuntut kesejahteraan dan keselamatan kepada jurnalis di Indonesia.

"Sebagai solidaritas internasional, buruh-buruh melakukan aksi demo. Kita menyoroti kesejahteraan terhadap jurnalis sebagai salah satu buruh media," kata Ketua AJI Indonesia Abdul Manan, Rabu (1/5).

Sebelumnya, AJI melakukan demo di depan Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, dengan tujuan yang sama. AJI mulai berkumpul di Gedung Dewan Pers pada pukul 09.00 WIB. Peserta menggunakan pakaian berwarna hitam, topeng putih, membawa poster tuntutan pers dan bendera AJI Jakarta.

Setelah menyampaikan tuntutan di Gedung Dewan Pers, AJI melakukan long march dari Gedung Dewan Pers menuju Patung Kuda. Tuntutan tersebut mereka ajukan karena jurnalis sering mengalami kecelakaan saat peliputan.

Baca juga: Dewan Pers Jamin UU ITE tak akan Jerat Jurnalis

Selain itu, AJI juga menuntut adanya jaminan kesehatan saat bekerja.

"Wartawan yang bekerja sebagai kontributor tak diberikan jaminan keselamatan saat bekerja. Upahnya juga di bawah standar karena pembayaran sesuai jumlah berita yang dibuat," ujar Abdul Manan.

Aksi demo jurnalis tersebut diikuti Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pers, AJI Jakarta, Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI), Federasi Serikat Pekerja Media (FSPM) Independen, Serikat Pekerja Lintas Media Jakarta, Forum Pers Mahasiswa Jabodetabek (FPMJ), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Ekonomi, LPM Gerakan Mahasiswa Almamater Pancasila (GEMA ALPAS), UKM Jurnalistik Media Komunikasi Nusantara (MATA).(OL-5)

Baca Juga

Antara

Polsek Tanjung Duren Bagikan Sembako untuk Ojek Online

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 08 April 2020, 00:15 WIB
"Aksi ini untuk membantu keluarga dan meringankan kebutuhan pangan pokok mereka," ujar Agung, Selasa...
Antara/Galih Pradipta

Kerumunan Diatas Lima Orang Bakal Kena Sanksi di Masa PSBB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 00:06 WIB
Bersama Polri dan TNI, Pemprov DKI akan mengambil tindakan tegas jika masyarakat tidak menaati kebijakan yang diberlakukan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Anies Pastikan Kendaraan Pribadi Boleh Melintas Saat PSBB Berlaku

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 April 2020, 23:51 WIB
"Kendaraan pribadi tidak ada larangan. Yang kita atur adalah kendaraan umum. Kendaraan pribadi bisa berkegiatan seperti biasa tetapi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya