Jumat 26 April 2019, 22:15 WIB

Aplikasi Help Apps Bantu Rumah Jadi 'Cling'

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Weekend
Aplikasi Help Apps Bantu Rumah Jadi

Caroline Attwood on Unsplash
Platform Help Apps menawarkan berbagai layanan untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Menjadi pekerja di luar rumah, sekaligus menjalankan tugas dalam rumah tangga, membuat banyak orang kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari. Bantuan untuk merapikan rumah, memasak, berbelanja, dan sederet aktivitas lain, ialah hal yang kadang dibutuhkan.

Salah satu platform yang kini hadir untuk menawarkan multisolusi untuk mengurus rumah bagi masyarakat urban ialah Help Apps. "Aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya dan teman-teman ibu rumah tangga lainnya yang cukup kesulitan membagi peran antara mendukung karier suami, mengurus anak, hingga menjalankan bisnis," kata Melia Lustjoputro, Founder da CEO Help Apps dalam Soft Launching Aplikasi, Kamis (11/4), di Artotel Thamrin, Jakarta.

Layanan yang dapat dipilih dalam aplikasi itu cukup lengkap. Ada tiga segmen. Pertama, Nursing, untuk merawat bayi berumur 0-2 tahun, anak-anak usia 2-12 tahun, hingga orang lanjut usia dari 65 tahun serta merawat orang yang sakit.

Segmen kedua, In the House, yang menyediakan bantuan untuk memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian hingga tukang berkebun. Kemudian, segmen ketiga bernama Around the House, yang menawarkan beragam bantuan, mulai menjadi sopir, asisten berbelanja, hingga renovasi rumah.

Layanan-layanan yang Anda pilih akan hadir di rumah Anda setelah disepakati waktu dan durasi pekerjaan lewat aplikasi. "Layanan ini memiliki tarif bervariasi mulai dari harga Rp35 ribu hingga Rp125 ribu per jam, sesuai keahlian masing-masing," lanjut Melia.

Sebagai faktor pembeda dengan platform sejenis, Help Apps memberikan fitur tambahan berupa kamera pengawas. Kamera itu akan dipasang oleh sang mitra agar pengguna Helps Apps bisa memantau secara real time pengerjaan tugas yang berlangsung. Fitur itu akan dikenai tarif tersendiri.

Charity
Dengan logo gambar tangan sebagai isyarat meminta bantuan, platform ini bukan hanya memberikan bantuan kepada para pemilik aplikasi, tapi juga menawarkan pengguna untuk berlaku amal.

Lewat Fitur Charity Corner,  pengguna bisa melakukan donasi mulai dari Rp20 ribu untuk dijadikan dua porsi nasi bungkus lengkap dengan lauk pauk bergizi untuk masyarakat kurang beruntung. "Ini bentuk kepedulian kami, biasanya akan kami bagikan di daerah Kelapa Gading untuk masyarakat membutuhkan. Jika lebih banyak, kami akan sebar ke wilayah lainnya," ungkap Melia.

Untuk transparansi, Help Apps akan live streaming saat pemberian nasi bungkus agar pengguna tahu ke mana donasi mereka berakhir.

Hingga saat ini, Help Apps telah digunakan lebih dari 292 pengguna dan diperkuat oleh 132 mitra yang tersebar di kawasan Jadetabek. Ke depannya, Help Apps juga akan menghadirkan layanan panggilan dokter ke rumah serta layanan untuk mengurus dokumen-dokumen pribadi.

Aplikasi ini sudah bisa diakses dan diunduh lewat Android dan iOs. (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More