Atasi Banjir, Anies Berencana tambah Waduk

Penulis: Rifaldi Putra Irianto Pada: Jumat, 26 Apr 2019, 20:42 WIB Megapolitan
Atasi Banjir, Anies Berencana tambah Waduk

Antara/Dhemas Reviyanto
Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan berencana untuk membuat waduk di perbatasan Jakarta dan Bogor sebagai upaya untuk mengurangi tinggi muka air yang kemudian ikut membanjiri Jakarta ketika hujan deras.

"Jadi situasi seperti ini mengharuskan kita membangun lebih banyak waduk-waduk penahan air sebelum masuk jakarta, " ungkap Anies Di pintu air Manggarai, Jakarta, Jum'at, (26/4).

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, persoalan banjir di jakarta, solusinya bukan hanya mebereskan di sisii jakarta saja. Tapi juga terkait upaya menahan banjir kiriman yang kerap terjadi ketika volume air sednag tinggi.

Baca juga : Jumlah Sampah di Pintu Air Manggarai Capai 170 Ton

"Justru yang harus dibereskan adalah bagaimana airnya bisa ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta sehingga volume air yang masuk di Jakarta terkendali. Saat ini sedang dibangun dua waduk di Kabupaten Bogor dan dua waduk ini, kalau selesai insyaallah bulan Desember ini selesai maka dia akan membantu menahan," ujar Anies.

Merujuk pada pembangunan waduk di Bogor yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dia berencana mengusulkan penambahan pembangunan waduk.

"Jadi dua bendungan itu menurunkan 30% dan dua itu saja sudah signifikan. Jadi mungkin akan diperlukan 3 atau 4 kalinya," jelasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More